Pengaruh gaya kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah terhadap pelayanan administrasi pendidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah se-Kota Cimahi

Muhajirin, Ahmad Sifa (2023) Pengaruh gaya kepemimpinan Visioner Kepala Madrasah terhadap pelayanan administrasi pendidikan : Penelitian di Madrasah Aliyah se-Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (303kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan kepemimpinan kepala Madrasah diperlukan pengetahuan dan kemampuan untuk menciptakan situasi yang kondusif. Dalam pengelolaan sebuah lembaga pendidikan, administrasi sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan pada proses pendidikan. Oleh karena itu, kepala Madrasah harus memiliki kepedulian tinggi yang berorientasi kepada visi yang telah diterapkan terhadap pelayanan administrasi, guna menumbuhkan proses pelayanan yang baik kepada pelanggan pendidikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan visioner kepala Madrasah terhadap pelayanan administrasi pendidikan pada Madrasah Aliyah Se-Kota Cimahi yang memiliki kriteria pelayanan yang cukup dalam administrasi. Penelitian ini dilaksanakan pada enam Madrasah di Kota Cimahi antara lain Madrasah Aliyah Negeri Kota Cimahi, Madrasah Aliyah Nurul Falah, Madrasah Aliyah Miftahussaadah, Madrasah Aliyah Asih Putera, Madrasah Aliyah Alfarisy dan Madrasah Aliyah Nurul Iman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuntitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kusioner melalui google from yang disebar kepada responden sebanyak 35 sampel. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik melalui aplikasi SPSS Versi 26. Hasil analisis data dan pengujian data dari penelitian ini yaitu gaya kepemimpinan visioner kepala Madrasah memiliki pengaruh secara signifikan ditunjukan dengan hasil dari uji regresi linear Fhitung sebesar 23.135 dengan tingkat signifikansinya yang memiliki nilai sebesar 0.000, yang artinya apabila nilai signifikanisnya < 0.05 maka terdapat korelasi atau pengaruh gaya kepemimpinan visioner kepala Madrasah (X) terhadap pelayanan administrasi pendidikan (Y). Hal ini berdasarkan pengujian analisis uji t memiliki Thitung sebesar 4.810 yang lebih besar dari T tabel sebesar 2.035 dengan taraf signifikansi 5% dan memiliki nilai probabilitas signifikansi 0.000 < 0.05 yang artinya bahwa terdapat pengaruh pada variable bebas terhadap variable terikat. Sedangkan, besaran pengaruh gaya kepemimpinan visioner kepala Madrasah berdasarkan uji koefiensi determinasi memiliki nilai R Square sebesar 0.412 yang artinya variable independen gaya kepemimpinan visioner kepala Madrasah (X) memiliki nilai pengaruh kontribusi terhadap variable dependen pelayanan administrasi pendidikan (Y) sebesar 41,2 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan; visioner; kepala madrasah; administrasi pendidikan;
Subjects: Secondary Education > Upper Level Secondary School
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ahmad Sifa Muhajirin
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:45
Last Modified: 14 Aug 2023 06:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72839

Actions (login required)

View Item View Item