Manajemen pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil melalui Blended Learning : Penelitian di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara Bandung

Suhendar, Ade (2023) Manajemen pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil melalui Blended Learning : Penelitian di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara Bandung. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3. Abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
7. Daftar isi.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
11. Bab I Pendahuluan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB II)
12. Bab II Tinjauan Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[img] Text (BAB III)
13. Bab III Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB IV)
14. Bab IV Pembahasan dan Hasil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
15. Bab V Penutup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)

Abstract

Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merupakan tahap krusial dalam persiapan mereka untuk memasuki dunia pelayanan publik. Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang tugas, tanggung jawab, dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang pegawai negeri yang profesional. Dalam era digital yang terus berkembang, metode pembelajaran tradisional dalam pelatihan CPNS telah diperbarui dan disesuaikan dengan tren teknologi informasi saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan blended learning sebagai metode inovatif dalam manajemen pelatihan dasar CPNS yang dilaksanakan di Puslatbang PKASN LAN tahun 2022. Blended learning merupakan pendekatan yang menggabungkan pembelajaran daring (online) dengan pembelajaran tatap muka (offline),Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara dengan penyelenggara dan pengajar pelatihan, serta analisis dokumen terkait. Penelitian ini juga melibatkan observasi dan telaahan dokumen pelatihan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang manajemen pelaksanaan pelatihan dasar CPNS dengan metode blended learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelatihan dasar CPNS dengan blended learning di Puslatbang PKASN yang diselenggarakan tahun 2022 direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi sesuai dengan peraturan yang berlaku. Hasil observasi pelaksanaan pelatihan mendapatkan hasil yang lebih terlihat efektive dan efesien dengan fleksibilitas waktu dan akses ke konten pembelajaran yang ditingkatkan. Selain itu, hasil evaluasi pelaksanaaan pelatihan menunjukkan adanya aktualisasi materi pelatihan sebagai tindak lanjut materi yang telah didapatkan dalam proses pembelajaran, peserta mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh melalui program aktualisasi/habituasi. Penelitian ini memberikan rekomendasi praktis bagi pengelola pelatihan CPNS di Puslatbang PKASN LAN dan Lembaga penyelenggara lain untuk mengadopsi metode blended learning dalam pelatihan dasar CPNS. Penting untuk menyaman tujuan dari pelatihan dasar CPNS pada setiap tahapan pembelajaran, serta melakukan evaluasi pada setiap tahapan (on going evaluation). Diharapkan bahwa penggunaan blended learning akan memberikan kontribusi positif dalam mempersiapkan CPNS yang kompeten dan professional untuk siap menghadapi tantangan dalam pelayanan publik di masa depan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pelatihan Dasar CPNS; Blended Learning; Aparatur Sipil Negara.
Subjects: Relationship of Libraries
Education
Education > General Publications of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Educational Buildings, Physical Plants of School
Adult Education > Adult Education in Indonesia
General Management > Education, Research of Management
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ade suhendar
Date Deposited: 01 Aug 2023 02:17
Last Modified: 01 Aug 2023 02:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72851

Actions (login required)

View Item View Item