Oktaviani, Andini (2023) Praktik Newsgame dalam Jurnalisme Digital : Studi fenomenologi konten Newsgame dalam Rubrik Visual Interaktif Kompas. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
Abstract
Salah satu cara bagi media untuk terus menjaga eksistensi ditengah gencarnya perkembangan internet adalah dengan melakukan konvergensi. Setiap media yang melakukan konvergensi tentu saja mengalami berbagai perubahan dalam pelaksanaannya, baik itu dari proses, sistem kerja, keredaksian hingga produk dan konten berita yang dihasilkan. Perubahan cara kerja media akibat digitalisasi juga tidak hanya terjadi di level perusahaan, namun juga di level wartawan sebagai produser konten berita. Salah satu perubahan penting lain yang mempengaruhi cara kerja wartawan ialah adanya digitalisasi terhadap konten. Dimana wartawan dituntut untuk bisa menyampaikan pesan secara multiplatform yaitu memadukan antara tulisan, audio, gambar dan video sekaligus. Newsgame merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut pengkonversian berita daring dengan sebuah permainan. Disadari bahwa faktor medium yang digunakan menjadi faktor penting terhadap minat membaca khalayak terhadap isu yang dipaparkan, maka proses peralihan dari satu medium terhadap medium lain sangatlah penting salah satunya seperti newsgame ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik newsgame dalam jurnalisme digital yang dimuat dalam rubrik Visual Interaktif Kompas (VIK). Peneliti membagi fokus penelitian ini kedalam tiga bentuk bagian yaitu proses gamifikasi jurnalistik, tahapan pembuatan newsgame dan alasan newsgame dipilih sebagai medium penyebarluasan berita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif, adapun kerangka teori yang dipilih sebagai landasan penelitian ini ialah teori new media yang dikemukakan oleh Pierre Lévy. Adapun data penitian ini dihimpun dengan cara melakukan wawancara dan observasi untuk kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa praktik newsgame dalam jurnalisme digital yang dilakukan oleh Kompas.com melalui rubrik Visual Interaktif Kompas (VIK) sejalan dengan konsep dan memenuhi syarat newsgame yang dihadirkan secara umum. Newsgame juga dapat dikategorikan sebagai media baru karena kehadiran newsgame terbentuk dari sebuah inovasi perkembangan teknologi dan hasil dari proses konvergensi. Hal ini diperkuat dari hasil penelitian berupa adanya proses gamifikasi jurnalistik meskipun tidak ada langkah khusus yang dilakukan pada proses gamifikasi tersebut, dalam news processing sebagai produk baru jurnalistik pembuatan newsgame juga melewati sembilan tahapan, mengeksplorasi potensi digital untuk dunia jurnalisme menjadi alasan Kompas.com memilih newsgame sebagai medium penyebarluasan berita.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | newsgame; jurnalisme digital; gamifikasi jurnalistik; media online |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Andini Oktaviani |
Date Deposited: | 02 Aug 2023 01:19 |
Last Modified: | 02 Aug 2023 01:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72878 |
Actions (login required)
View Item |