Optimalisasi layanan masyarakat melalui Sistem Daftar Online dan Informasi Layanan (SIDOI) : Studi deskriptif di KUA Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan

Husaeni, Ai (2023) Optimalisasi layanan masyarakat melalui Sistem Daftar Online dan Informasi Layanan (SIDOI) : Studi deskriptif di KUA Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan Sistem Daftar Online dan Informasi Layanan (SIDOI) merupakan salah satu upaya KUA Kecamatan Ciawigebang dalam menjawab kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi masyarakat dalam pelayanan KUA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Optimalisasi Layanan Masyarakat Melalui Sistem Daftar Online dan Informasi Layanan (SIDOI) di KUA Kecamatan Ciawigebang dengan merujuk pada teori Handoko (2015) yaitu Menetapkan Tujuan atau serangkaian tujuan, Merumuskan keadaan saat ini, Mengidentifikasikan segala kemudahan dan hambatan, Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara secara langsung dengan informan, observasi secara langsung ke tempat penelitian, dan dokumentasi terkait Optimalisasi Layanan Masyarakat Melalui Sistem Daftar Online dan Informasi Layanan (SIDOI). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Optimalisasi Layanan Masyarakat Melalui Sistem Daftar Online dan Informasi Layanan (SIDOI) di KUA Kecamatan Ciawigebang sudah cukup baik. Hal tersebut terlihat dari beberapa aspek antara lain dari menetapkan tujuan, merumuskan keadaan saat ini, mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan, mengembangan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan. Beberapa aspek tersebut belum secara maksimal dilakukan dan masih ditemukan hambatan yaitu masih adanya masyarakat yang gagap akan teknologi, belum adanya tanda tangan elektronik, terbatasnya anggaran yang disediakan untuk program SIDOI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi; Layanan Masyarakat; SIDOI.
Subjects: General Management
Planning, Anaysis, Engineering Design
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Ai Husaeni
Date Deposited: 02 Aug 2023 01:21
Last Modified: 02 Aug 2023 01:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72886

Actions (login required)

View Item View Item