Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantu Youtube terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bahan Psikotropika

Tiya, Ken (2023) Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantu Youtube terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bahan Psikotropika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran bahan psikotropika dengan model PjBL berbantu youtube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi-Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Data diperoleh dari instrumen berupa RPP, soal penelitian, angket, lembar observasi kegiatan guru dan siswa dengan jumlah sampel 72 siswa yaitu kelas XI MIA 3 dan XI MIA 5 SMAN 1 Telagasari Karawang tahun ajaran 2022/2023. Data yang dikumpulkan yaitu data mengenai tes kemampuan berpikir kreatif siswa, angket dan lembar observasi. Hasil penelitian kemampuan berpikir kreatif siswa, pada kelas eksperimen indikator fluency sebesar 41%, sedangkan pada kelas kontrol 36%. Pada indikator flexibility di kelas eksperimen 81% dan kelas kontrol persentase nilai yang didapatkan yakni sebesar 76%. Untuk indikator originality pada kelas eksperimen sebesar 78% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 73%, dan pada indikator elaboration kelas eksperimen sebesar 81% sementara pada kelas kontrol sebesar 48%. Berdasarkan data di atas, kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen dengan diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL); Berpikir Kreatif
Subjects: Biology
Depositing User: ken ken tiya
Date Deposited: 02 Aug 2023 03:57
Last Modified: 02 Aug 2023 03:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72903

Actions (login required)

View Item View Item