Tiya, Ken (2023) Pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbantu Youtube terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bahan Psikotropika. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (435kB) |
||
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran bahan psikotropika dengan model PjBL berbantu youtube. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Quasi-Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Data diperoleh dari instrumen berupa RPP, soal penelitian, angket, lembar observasi kegiatan guru dan siswa dengan jumlah sampel 72 siswa yaitu kelas XI MIA 3 dan XI MIA 5 SMAN 1 Telagasari Karawang tahun ajaran 2022/2023. Data yang dikumpulkan yaitu data mengenai tes kemampuan berpikir kreatif siswa, angket dan lembar observasi. Hasil penelitian kemampuan berpikir kreatif siswa, pada kelas eksperimen indikator fluency sebesar 41%, sedangkan pada kelas kontrol 36%. Pada indikator flexibility di kelas eksperimen 81% dan kelas kontrol persentase nilai yang didapatkan yakni sebesar 76%. Untuk indikator originality pada kelas eksperimen sebesar 78% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 73%, dan pada indikator elaboration kelas eksperimen sebesar 81% sementara pada kelas kontrol sebesar 48%. Berdasarkan data di atas, kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen dengan diterapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL); Berpikir Kreatif |
| Subjects: | Biology |
| Depositing User: | ken ken tiya |
| Date Deposited: | 02 Aug 2023 03:57 |
| Last Modified: | 02 Aug 2023 03:57 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72903 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



