Aini, Qurratul (2017) Penerapan metode pembelajaran brainstorming berbasis mindmap untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi hasad, dendam, ghibah: Penelitian tindakan kelas pada Siswa Kelas VIII di MTs. Al-Huda Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (273kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (441kB) |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
Text (DAFTRA PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
Abstract
Penelitian ini bertolak dari fenomena yang terjadi di kelas VIII MTs Al-Huda Bekasi Timur, yakni rendahnya hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang belum maksimal serta masih adanya siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM (75). Berdasarkan hal tersebut, maka harus adanya penggunaan metode yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran brainstorming berbasis mind map pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi hasad, dendam, ghibah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) hasil belajar kognitif siswa kelas VIII MTs Al-Huda Bekasi Timur pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi hasad, dendam, ghibah sebelum menggunakan metode pembelajaran brainstorming berbasis mind map (2) proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi hasad, dendam, ghibah dengan menggunakan metode pembelajaran brainstorming berbasis mind map pada setiap siklus (3) hasil belajar kognitif siswa kelas VIII MTs Al-Huda Bekasi Timur pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi hasad, dendam, ghibah setelah menggunakan metode pembelajaran brainstorming berbasis mind map pada setiap siklus Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satunya penggunaan metode pembelajaran yang tepat, termasuk metode brainstorming berbasis mind map. Dengan demikian hipotesisnya adalah penggunaan metode brainstorming berbasis mind map pada proses pembelajaran di duga dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi hasad, dendam, ghibah. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam PTK ini yaitu silabus, RPP, lembar observasi, lembar evaluasi. Teknik pengumpulan data yang di lakukan dalam penelitian adalah tes, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dengan pendekatan logika untuk data kualitatif dan statistik untuk data kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar kognitif siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran brainstorming berbasis mind map masih rendah dengan rata-rata skor 58,28, dan presentase ketuntasannya 22,85% kategori kurang sekali.(2) Proses pembelajaran dengan menggunakan metode brainstorming berbasis mind map berjalan baik sesuai rencana dan tahapannya. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan. Siklus I Presentse aktivitas guru sebesar 74,9% aktivitas siswa 67,77%. Siklus II presentase aktivitas guru 80,22% , aktivitas siswa 87,5%. Siklus III presentase aktivitas guru 96,66%, aktivitas siswa 97,33%. (3) hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan metode pembelajaran brainstorming berbasis mind map pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata nilai 74,57, dengan presentase ketuntasan 54,28% kategori kurang. Siklus II rata-rata nilai 81,71, dengan presentase ketuntasan 77,14% kategori baik. Pada siklus III rata�rata nilai 91,14, dengan presentase ketuntasan 100% kategori sangat baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan metode pembelajaran brainstorming berbasis mind map dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran; brainstorming; kognitif |
Subjects: | Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PKL1 SMKN 8 GARUT |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 07:21 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 04:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73036 |
Actions (login required)
View Item |