Latifah, Rosiana (2017) Penerapan model pembelajaran Cooperative integrated reading and composition (circ) Dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis siswa Pada materi sistem ekskresi (penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas xi ipa di sman 1 bojongsoang kab. Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (265kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (414kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
||
Text (DAFTARPUSTAKA)
9_aftarpustka.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
Abstract
rendahnya kemampuan siswa untuk mencatat baik dan cepat membuat siswa kurang memusatkan perhatian pada materi yang disampaikan oleh guru, serta belum terimplementasinya model-model pembelajaran yang ada, membuat peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran guru dan siswa serta menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan Mind Mapping pada kelas XI IPA SMAN 1 Bojongsoang. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimen dengan desain One Group Pretest�Posttest. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji-t atau uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi RPP sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan presentase sebesar 91,3 %, serta keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa sangat baik dengan Hasil kemampuan berpikir kritis siswa yang mencapai KKM memiliki presentase 14,87% pada kelas XI IPA 2 dan 39,20% pada kelas XI IPA3. Hasil Uji Wilcoxon pada kelas XI IPA 2 menunjukkan bahwa Zhitung (-2,78) > Ztabel (-1,96), maka Ho ditolak, sedangkan hasil uji t pada kelas XI IPA 3 menunjukkan bahwa thitung (4,37) ≥ ttabel (2,04), maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan Mind Mapping dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi. Kata Kunci: Kemampuan berpikir kritis, Model pembelajaran, CIRC dengan Mind Mapping, Keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa, Sistem Ekskresi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir kritis;Model pembelajaran;CIRC dengan Mind Mapping |
Subjects: | Algebra Applied mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PKL2 SMKN 8 GARUT |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 06:56 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 06:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73039 |
Actions (login required)
View Item |