Penerapan strategi pembelajaran Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R) terhadap hasil belajar siswa pada konsep pencemaran lingkungan: Penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas VII SMPN 1 Tambelang - Bekasi

Nurfadillah, Sefti (2017) Penerapan strategi pembelajaran Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R) terhadap hasil belajar siswa pada konsep pencemaran lingkungan: Penelitian pre-eksperimen pada siswa kelas VII SMPN 1 Tambelang - Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Kurang tertariknya siswa dalam belajar mengakibatkan hasil belajar yang kurang dari tujuan yang ingin dicapai yaitu sesuai dengan KKM, serta jarang digunakannnya strategi pembelajaran yang bervariasi, karena hasil belajar diperoleh setelah melakukan proses pembelajaran, untuk melakukan suatu proses pembelajaran tersebut membutuhkan strategi pembelajaran, salah satunya adalah strategi pembelajaran Preview-Question-Read-Reflect-Recite-Review (PQ4R). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dan keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran PQ4R. Metode yang digunakan adalah Pre-Eksperimen dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Tambelang Kab. Bekasi. Teknik pengambilan sampelnya adalah Sampling Purposive, sampel yang dijadikan eksperimen sebanyak 2 kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, serta tes tertulis berupa 25 soal pilihan ganda pada pretest�posttest. Analisis data hasil belajar meliputi uji normalitas dan uji-t berpasangan. Validasi perangkat pembelajaran sangat layak digunakan yaitu 87,9 %. Rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru dikelas eksperimen 1 sangat baik yaitu 86,1 %, pada kelas eksperimen 2 sangat baik yaitu 88,9 %. Rata-rata keterlaksanaan aktivitas siswa dikelas eksperimen 1 sangat baik yaitu 90 %, pada kelas eksperimen 2 sangat baik yaitu 86,7 %. Temuan saat menerapkan strategi PQ4R adalah sulitnya melaksanakan tahap recite. Hasil uji hipotesis pada kedua kelas eksperimen yaitu H0 ditolak menunjukan bahwa penerapan strategi PQ4R dapat membantu siswa secara signifikan dalam memahami konsep pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; PQ4R; Hasil Belajar; Pencemaran Lingkungan
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: PKL1 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:16
Last Modified: 21 Nov 2023 01:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73046

Actions (login required)

View Item View Item