Penerapan model pembelajaran diskursus multi representasi (dmr) Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa (penelitian eksperimen di smp al-amanah cileunyi bandung)

Mardian, Irmawati (2017) Penerapan model pembelajaran diskursus multi representasi (dmr) Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa (penelitian eksperimen di smp al-amanah cileunyi bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTARISI)
3_daftarisi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text (DAFTARPUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Irmawati Mardian, “Penerapan Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa (Penelitian Eksperimen di SMP Al-Amanah Cileunyi Bandung)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Al-Amanah Cileunyi, salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan menerapkan model DMR pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model DMR dengan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen tes dan nontes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh: (a) Gambaran aktivitas guru menggunakan model DMR mengalami peningkatan pada pertemuan kedua dan gambaran aktivitas siswa mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. (b) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model DMR mengalami peningkatan sebesar 0,72 dengan tingkat interpretasi tinggi. (c) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional mengalami peningkatan sebesar 0,62 dengan tingkat interpretasi sedang. (d) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model DMR lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM. (e) Siswa memberikan sikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model DMR dilihat dari rata-rata skor sikap siswa yaitu 3,03. Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Diskursus Multi Representasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematis Siswa;Diskursus Multi Representasi
Subjects: Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: PKL2 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 23 Nov 2023 04:32
Last Modified: 23 Nov 2023 04:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73062

Actions (login required)

View Item View Item