penerapan model direct intruction (di) berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep, pemecahan masalah dan self confidence matematis siswa (Penelitian Eksperimen di Kelas VII MTs Al-Basyariyah Bandung)

Wulansari, Fitri (2017) penerapan model direct intruction (di) berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep, pemecahan masalah dan self confidence matematis siswa (Penelitian Eksperimen di Kelas VII MTs Al-Basyariyah Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAKS Fitri Wulansari. “Penerapan Model Direct Intruction (DI) Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah dan Self Confidence Matematis Siswa (Penelitian Eksperimen di Kelas VII MTs Al�Basyariyah Bandung)”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman, pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa antara yang memperoleh pembelajaran direct intruction berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional berdasarkan PAM. Data diperoleh melalui instrumen tes dan nontest.Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh hasil: (a) Aktivitas guru dan siswa secara keseluruhan sudah terlaksana dengan baik (b) Hasil analisis menggunakan uji ANOVA dua jalur terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memperoleh model direct intruction berbasis masalah dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM(tinggi,sedang, rendah). (c) Hasil analisis menggunakan uji ANOVA dua jalur tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan PAM siswa dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis siswa. (d) Peningkatan self confidence siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model direct intruction berbasis masalah lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (e) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematis dapat diminimalisir. Kesimpulan: Model direct intruction berbasis masalah dapat memfasilitasi proses penguatan pembelajaran, pemecahan masalah, penemuan konsep dan aplikasi konsep sehingga kemampuan pemahaman konsep, pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa lebih baik dari kelas konvensional. Kata kunci: Pemahaman Konsep, Pemecahan Masalah Matematis, Self Confidence, Direct Intruction (DI) Berbasis Masalah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: tidak ada daftar pustaka
Subjects: Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: PKL1 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:48
Last Modified: 23 Nov 2023 06:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73064

Actions (login required)

View Item View Item