Ghalia, Faula Rahma (2017) Respon mahasiswa terhadap tayangan dakwah Islamiyah khazanah (trans 7) dan damai Indonesiaku (tv one). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (355kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
Abstract
Program Dakwah Islamiyah di televisi menjadi sajian yang rutin ditayangkan dan menarik perhatian para peminatnya. Trans7 memiliki program dakwah yaitu Khazanah yang memiliki format tayangan dokumenter. TV One memiliki program dakwah yaitu Damai Indonesiaku yang memiliki format tayangan yang berupa tabligh akbar dan diselingi oleh musik islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Perhatian, Penerimaan, dan Pemahaman Mahasiswa Jurnalistik angkatan 2013 UIN Bandung Terhadap Tayangan Dakwah Islamiyah Khazanah (TRANS7) Dan Damai Indonesiaku (TV One). Dalam penelitian ini digunakan teori S-O-R dari Hovland, yang mana S yang berarti Stimulus, O yang berarti Organisme dan R yang berarti Respon. Stimulus yang dimaksud adalah pesan yang disampaikan dalam tayangan Khazanah di Trans7 dan Damai Indonesiaku di TV One. Organisme yang dimaksud adalah Mahasiswa Jurnalistik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Dan Respon yang dimaksud adalah opini khalayak pendengar di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif yang dianalisis secara parsia yaitu dengan analisis korelasi pearson product moment, koefisien determinasi, dan uji t serta dianalisis secara uji hipotesis. Didukung dengan SPSS for Windows 21.0. Data yang digunakan adalah data dari penyebaran angket kepada mahasiswa jurnalistik UIN Bandung angkatan 2013. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memperoleh kesimpulan bahwa secara Perhatian terhadap tayangan Khazanah cukup. Penerimaan terhadap tayangan Damai Indonesiaku rendah, pemahaman terhadap respon pada tayangan Khazanah sebesar 18% dan sisanya 82% ditentukan oleh variabel atau faktor lain. Sedangkan untuk pemahaman terhadap respon pada tayangan Damai Indonesiaku sebesar 0,1% dan sisanya 99,9% ditentukan oleh variabel atau faktor lain. Penerimaan mahasiswa jurnalistik angkatan 2013 terhadap tayangan Khazanah adanya hubungan antara respon mahasiswa dengan tayangan Khazanah . Sedangkan untuk penerimaan mahasiswa jurnalistik angkatan 2013 terhadap tayangan Damai Indonesiaku tidak adanya hubungan yang signifikan antara respon mahasiswa dengan tayangan Damai Indonesiaku. Kata Kunci: Respon Mahasiswa, Tayangan, Dakwah Islamiyah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Respon Mahasiswa;Tayangan;Dakwah Islamiyah |
Subjects: | Islam > Da'wah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | PKL3 SMKN 8 GARUT |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 01:45 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 01:45 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73078 |
Actions (login required)
View Item |