penerapan pendekatan think talk write untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI Sub materi makanan halal dan haram (Penelitian Tindakan Kelas VIII A SMP Triyasa Bandung)

Rivaldi, Ahmad (2017) penerapan pendekatan think talk write untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI Sub materi makanan halal dan haram (Penelitian Tindakan Kelas VIII A SMP Triyasa Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_dafatarisi.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

ABSTRAK Ratih Amaliah, 2017. Penerapan Pendekatan Think Talk Write Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran PAI Sub Materi Makanan Halal dan Haram (Penelitian Tindakan Kelas VIII A SMP Triyasa Bandung). Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di SMP Triyasa Bandung, hasil pemahaman siswa di kelas VIII A masih rendah. Hal ini terlihat dari pembelajaran yang monoton dengan menggunakan metode ceramah saja, siswa belum aktif bertanya dan menjawab pertanyaan, siswa belum memberikan ide-ide atau pendapat yang menunjukan pemahaman. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya penerapan metode pembelajaran yang belum maksimal. Dalam hal ini, siswa perlu di berikan kesempatan untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan guru maupun teman dalam pembelajaran untuk mampu menambah pemahaman mereka. Maka di pilihlah pendekatan Think Talk Write. Think Talk Write ini menuntut siswa untuk meningkatkan Pemahaman dalam pembelajaran PAI. Tujuan penerapan pendekatan Think Talk Write adalah: 1) untuk mengetahui pemahaman siswa sebelum dilakukan tindakan dengan menerapkan pendekatan Think Talk Write, 2) untuk mengetahui proses pembelajaran PAI dengan menerapkan pendekatan Think Talk Write pada setiap siklus dan 3) untuk mengetahui peningkatan hasil pemahaman siswa pada setiap siklus dengan menerapkan pendekatan Think Talk Write pada mata pelajaran PAI sub materi makanan halal dan haram di kelas VIII A SMP Triyasa Bandung. Berangkat dari kerangka penelitian, bahwa penerapan pendekatan Think Talk Write dalam pembelajaran memungkinkan siswa mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya seperti berpikir dan berbicara untuk mampu mengumpulkan informasi baru. Sehingga asumsi tersebut dirumuskan dalam sebuah hipotesis tindakan bahwa penerapan pendekatan Think Talk Write di duga dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI sub materi makanan halal dan haram di kelas VIII A SMP Triyasa Bandung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, dalam setiap siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu silabus, RPP, lembar observasi dan lembar evaluasi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan evaluasi hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh: 1) pemahaman siswa sebelum dilakukan tindakan dengan menerapkan pendekatan Think Talk Write dengan rata�rata 62.92 kategori kurang dan persentase ketuntasannya 35.29% kategori kurang sekali. 2) Proses pembelajaran dengan menerapkan pendekatan Think Talk Write mengalami perubahan kearah yang lebih baik hal ini terlihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa terus mengalami peningkatan, siklus I aktivitas guru 78.66%, aktivitas siswa 70%. Siklus II aktivitas guru 85.33%, aktivitas siswa 81.81%. Siklus III aktivitas guru 97.33%, aktivitas siswa 92.72%. 3) pemahaman siswa setelah menggunakan pendekatan Think Talk Write pada setiap siklus mengalami peningkatan kearah yang lebih baik, pada siklus I rata-rata 75.13 kategori baik, persentase ketuntasannya 56.75% kategori kurang. Siklus II rata-rata 90.27 kategori sangat baik, persentase ketuntasannya 86.48% . Dan siklus III rata-rata 96.21 kategori sangat baik dan persentase ketuntasannya 94.59%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pendekatan think talk write,pemahaman siswa,materi makanan halal dan haram
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PKL4 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:44
Last Modified: 30 Nov 2023 02:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73121

Actions (login required)

View Item View Item