Dampak pernikahan Wanita Hamil di Luar Nikah di Kecamatan Babakan Cikao terhadap keharmonisan Rumah Tangga dan perkembangan anak

Nuryana, Yayan (2023) Dampak pernikahan Wanita Hamil di Luar Nikah di Kecamatan Babakan Cikao terhadap keharmonisan Rumah Tangga dan perkembangan anak. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover tesis.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak Indonesia.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (881kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)

Abstract

Permasalahan akibat banyaknya kasus kehamilan di luar status pernikahan berdampak pada keharmonisan rumah tangga dan perkembangan anak, berdampak pada keharmonisan rumah tangga dan perkembangan anak, peneliti tertarik untuk mengetahui upaya apa saja yang mampu dilakukan guna menyikapi permasalahan terebut pada lingkungan keluarga dan masyarakat, serta guna mengetahui latar belakang penyebab kejadian kehamilan di luar pernikahan. Metode kualitatif digunakan sebagai bentuk pendektana yang yuridis. Data dikumpulkan dengan pengamatan, tanya-jawab pada subjek terkait, serta hasil dokumentasi yang ditemukan selama pengumpulan data. Penelitian ini menunjukan hasil, terdapat dua aspek dampak yang akan dialami atau diterima oleh subjek akibat perbuatan zina yang menyebabkan kehamilan, yakni pertama, sanksi sosial berupa dikucilkan dan diremehkan di lingkungan atau kelompok masyarakatnya. Kedua, dampak psikologis akibat rasa terpukul yang dalam serta hilangnya kepercayaan diri akibat sanksi sosial yang mereka terima. Terdapat berbagai faktor yang menjadi penyebab masalah tersebut, faktor terbesar adalah kurangnya peran orang tua dalam memberikan pengertahuan serta perlindungan pada anak dari pergaulan bebas sehingga para anak terlebih yang menjadi subjek penelitian masuk dalam lingkungan yang bebas yang mempengaruhi perilakunya, serta kurangnya pemberian makna mengenai pelajaran mengenai edukasi seks juga menjadi faktor pengebab kondisi kehamilan di luar nikah terjadi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dampak Pernikahan; Perkembangan anak; Pernikahan wanita Hamil
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Keluarga
Depositing User: Nuryana Yayan
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:30
Last Modified: 08 Aug 2023 03:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73167

Actions (login required)

View Item View Item