Pengaruh implementasi kebijakan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut

Nijar, Miftah Faturrahman (2017) Pengaruh implementasi kebijakan program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)

Abstract

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) bertujuan untuk meningkatnya kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin di perdesaan dengan mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan. Berdasarkan hasil observasi yang penulis lakukan, terdapat indikasi masalah dalam implementasi kebijakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) diantaranya adalah banyaknya kebutuhan masyarakat yang belum terdanai oleh pemerintah, kurangnya kesadaran masyarakat dalam PNPM, masih banyaknya masyarakat perempuan yang kolek atau macet dalam pembayaran uang SPP (Simpan Pinjam Perempuan), motivasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat masih kurang, dan sikap-sikap kelompok masyarakat dalam mengatasi masalah kesejahteraan masih kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh implementasi kebijakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) terhadap kesejahteraan masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan yang dikemukakan oleh George Edward III (1980) dan teori kesejehateraan yang dikemukakan oleh Edi Suharto. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Data yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan penyebaran angket sebanyak 98 responden yang diperoleh melalui teknik random sampling. Hasil penelititan menyatakan bahwa implementasi kebijakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) telah baik, peningkatan kesejahteraan masyarakat sudah tinggi, dan terdapat pengaruh implementasi kebijakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut sebesar 57,6%, sedangkan sisanya 42,4% di pengaruhi oleh faktor lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan; PNPM; Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Public Administration
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: PKL2 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:05
Last Modified: 14 Aug 2023 03:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73184

Actions (login required)

View Item View Item