Perbandingan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games Tournament (TGT) dengan tipe listening team pada mata pelajaran PAI pokok bahasan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dalam Islam

Ilma, Madina Rosan (2017) Perbandingan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games Tournament (TGT) dengan tipe listening team pada mata pelajaran PAI pokok bahasan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dalam Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (422kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilaksanakan di kelas VIII SMPN 17 Bandung, bahwa pembelajaran PAI di setiap kelas terlaksana dengan baik. Guru telah menerapkan beberapa metode pembelajaran seperti ceramah,tanya jawab dan diskusi. Namun yang terjadi, nilai rata-rata ujian tengah semester siswa kelas VIII adalah 72,00, sementara nilai KKM 78,00. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih berada pada kategori rendah. Latar belakang penyebab rendahnya hasil belajar siswa diduga dari penggunaan model pembelajaran yang cenderung masih bersifat konvensional. Penelitian ini bertitik tolak dari sebuah pemikiran bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah penggunaan model pembelajaran. Dua diantara model pembelajaran yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games Tournament (TGT) dan tipe Listening Team. Kedua tipe pembelajaran tersebut menuntut siswa agar senantiasa bekerja sama, aktif serta kreatif selama proses pembelajaran berlangsung dan dapat melatih tanggung jawab siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) realitas hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TeamsGames Tournament (TGT) (2) realitas hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Listening Team dan (3) perbandingan hasil belajar siswa antara menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TeamsGames Tournament (TGT) dan tipe Listening Team. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas dengan jumlah masing-masing kelas 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 16 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis komparasional untuk menguji hipotesis mengenai ada tidaknya perbedaan hasil belajar antarvariabel yang sedang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) realitas hasil belajar siswa yang menggunakan tipe TGT diperoleh nilai rata-rata tes awal 54,77 nilai rata-rata tes akhir 76,17 dengan rata-rata n-gain 0,49. (2) realitas hasil belajar siswa yang menggunakan tipe Listening Team diperoleh nilai rata-rata tes awal 54,5 nilai ratarata tes akhir 66,6 dengan rata-rata n-gain 0,33. (3) Perbandingan hasil belajar siswa antara menggunakan tipe TGT dan tipe Listening Team ditunjukkan oleh adanya perbedaan hasil yang signifikan dengan selisih n-gain sebesar 0,16. Dengan perkataan lain, hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI pokok sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dalam Islam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games Tournament (TGT) lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa dengan menggunakan tipe Listening Team.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: perbandingan; sejarah; pertumbuhan; ilmu
Subjects: Islam
Islam > Islam and Secular Disciplines
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 14 Aug 2023 03:54
Last Modified: 14 Aug 2023 05:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73188

Actions (login required)

View Item View Item