Penggunaan bahan pengayaan Mata Pelajaran Fisika untuk meningkatkan kemampuan literasi Sains Peserta didik pada mitigasi Bencana Alam Gunung Api Galunggung di Tasikmalaya (penelitian pre eksperimental di Kelas XI IPA SMA IT RIYADLUSSHOLIHIN)

MARAGHI, FUJI AULIA (2017) Penggunaan bahan pengayaan Mata Pelajaran Fisika untuk meningkatkan kemampuan literasi Sains Peserta didik pada mitigasi Bencana Alam Gunung Api Galunggung di Tasikmalaya (penelitian pre eksperimental di Kelas XI IPA SMA IT RIYADLUSSHOLIHIN). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

Fuji Aulia Al-Maraghi: “Pengembangan bahan pengayaan mata pelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada mitigasi bencana alam gunung api Galunggung di Tasikmalaya” Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan pengayaan yang akan digunakan sebagai instrumen penelitian dan peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada mitigasi bencana gunung Galunggung. Penelitian ini dilakukan di SMA IT Riyadlussholihin kelas IX IPA, sampel penelitian sebanyak 30 peserta didik dengan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Metode penelitiannya menggunakan pre-eksperimental dengan desain penelitian one�group pretest-posttest. Data kelayakan bahan pengayaan diperoleh melalui lembar validasi oleh ahli dan lembar uji keterbacaan oleh peserta didik, sedangkan data kemampuan literasi sains peserta didik diperoleh melalui tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari hasil validasi 3 ahli yaitu 76 (kategori baik) dan hasil uji keterbacaan yaitu 73,8 (kategori baik), maka dapat disimpulkan bahwa bahan pengayaan layak untuk digunakan. Peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik pada konsep mitigasi bencana gunung Galunggung dengan nilai N-Gain sebesar 0,72 dengan kategori tinggi. Hasil uji normalitas data pretest dan posttest berdistribusi normal. Diperoleh hasil thitung (7,00) > ttabel (1,89) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi sains yang signifikan pada mitigasi bencana gunung Galunggung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bahan Pengayaan; Kemampuan Literasi Sains; Mitigasi Bencana Gunung Galunggung
Subjects: Elementary Education > Science for Elementary Education
Applied Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: PKL3 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 14 Aug 2023 06:51
Last Modified: 14 Aug 2023 06:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73203

Actions (login required)

View Item View Item