Penerapan model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa pada materi sistem ekskresi (penelitian pre-eksperimen pada Siswa kelas XI Ipa di Sman 1 Bojongsoang Kab. Bandung)

latifah, rosiana (2017) Penerapan model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan mind mapping terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa pada materi sistem ekskresi (penelitian pre-eksperimen pada Siswa kelas XI Ipa di Sman 1 Bojongsoang Kab. Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)

Abstract

ROSIANA LATIFAH : “Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi” (Penelitian Pre-Eksperimen di Kelas XI SMAN 1 Bojongsoang Bandung) Rendahnya kemampuan siswa dalam bertanya dan mengungkapkan ide serta gagasan, rendahnya kemampuan siswa untuk mencatat baik dan cepat membuat siswa kurang memusatkan perhatian pada materi yang disampaikan oleh guru, serta belum terimplementasinya model-model pembelajaran yang ada, membuat peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan Mind Mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran guru dan siswa serta menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan Mind Mapping pada kelas XI IPA SMAN 1 Bojongsoang. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimen dengan desain One Group Pretest�Posttest. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji-t atau uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan hasil validasi RPP sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran dengan presentase sebesar 91,3 %, serta keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa sangat baik dengan Hasil kemampuan berpikir kritis siswa yang mencapai KKM memiliki presentase 14,87% pada kelas XI IPA 2 dan 39,20% pada kelas XI IPA3. Hasil Uji Wilcoxon pada kelas XI IPA 2 menunjukkan bahwa Zhitung (-2,78) > Ztabel (-1,96), maka Ho ditolak, sedangkan hasil uji t pada kelas XI IPA 3 menunjukkan bahwa thitung (4,37) ≥ ttabel (2,04), maka Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dengan Mind Mapping dapat memberikan kontribusi positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kritis; Model pembelajaran; CIRC dengan Mind
Subjects: Biology
General Management > Negotiation, Conflict, Crisis Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: PKL2 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:09
Last Modified: 14 Aug 2023 07:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73208

Actions (login required)

View Item View Item