Fauziyyah, Ghina (2017) Peningkatan kemampuan berpikir kritis Matematis melalui model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS): Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VIII MTS As-syukur limbangan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (386kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa setiap siklus dan seluruh siklus serta sikap siswa terhadap pembelajaran yang memperoleh penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas di Mts As-Syukur Limbangan Garut kelas VIII. Data aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, hasil kemampuan berpikir kritis matematis, hasil tes tiap siklus dan tes akhir, data sikap siswa terhadap proses pembelajaran diperoleh dari lembar skala sikap. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : (a)Gambaran proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model Double Loop Problem Solving pada setiap siklus terlaksana dengan baik yaitu terlihat dari presentase aktivitas siswa pada siklus I dengan kategori baik dan pada siklus II kategori sangat baik, (b) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan (c) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah mengikuti seluruh siklus mengalami peningkatan rata�rata nilai pada tes akhir (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem Solving bersikap positif. Kesimpulan : Model pembelajaran Double Loop Problem Solving dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Double Loop Problem Solving; Berpikir Kritis |
Subjects: | Elementary Education Applied mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PKL2 SMKN 8 GARUT |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 04:28 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 01:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73225 |
Actions (login required)
View Item |