Peningkatan kemampuan berpikir kritis Matematis melalui model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS): Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VIII MTS As-syukur limbangan

Fauziyyah, Ghina (2017) Peningkatan kemampuan berpikir kritis Matematis melalui model pembelajaran Double Loop Problem Solving (DLPS): Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas VIII MTS As-syukur limbangan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa setiap siklus dan seluruh siklus serta sikap siswa terhadap pembelajaran yang memperoleh penerapan model pembelajaran Double Loop Problem Solving. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas di Mts As-Syukur Limbangan Garut kelas VIII. Data aktivitas guru dan siswa diperoleh melalui lembar observasi, hasil kemampuan berpikir kritis matematis, hasil tes tiap siklus dan tes akhir, data sikap siswa terhadap proses pembelajaran diperoleh dari lembar skala sikap. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : (a)Gambaran proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model Double Loop Problem Solving pada setiap siklus terlaksana dengan baik yaitu terlihat dari presentase aktivitas siswa pada siklus I dengan kategori baik dan pada siklus II kategori sangat baik, (b) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan (c) Kemampuan berpikir kritis matematis siswa setelah mengikuti seluruh siklus mengalami peningkatan rata�rata nilai pada tes akhir (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Double Loop Problem Solving bersikap positif. Kesimpulan : Model pembelajaran Double Loop Problem Solving dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Double Loop Problem Solving; Berpikir Kritis
Subjects: Elementary Education
Applied mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: PKL2 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:28
Last Modified: 16 Aug 2023 01:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73225

Actions (login required)

View Item View Item