Destianti, Siti Aulia (2017) Penerapan Model Inkuiri berbantuan Phet untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi kesetimbangan kelarutan garam. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (238kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (406kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
Abstract
ABSTRAK Siti Aulia Destianti : Penerapan Model Inkuiri Berbantuan PhET untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Kesetimbangan Kelarutan Garam Materi kelarutan dan hasil kali kelarutan cenderung ke arah perhitungannya saja. Oleh karena itu memerlukan media yang mampu menggambarkan proses kelarutan tersebut secara submikroskopik dan simbolik yaitu dengan simulasi berbasis komputer. Pembelajaran melalui model inkuiri berbantuan media simulasi PhET-SS dibutuhkan agar siswa mampu menguasai konsep dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada setiap tahapan model inkuiri, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS, dan menganalisis penguasaan konsep siswa melalui media simulasi PhET-SS menggunakan model inkuiri pada materi Kesetimbangan Kelarutan Garam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Subjek penelitian adalah 38 orang siswa kelas XI IPA. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, LKS, dan tes penguasaan konsep. Data hasil penelitian diuji menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri berbantuan PhET-SS pada materi kesetimbangan kelarutan garam secara keseluruhan telah diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata keterlaksanaan aktivitas menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran tersebut terlaksana dengan sangat baik. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS termasuk dalam kategori baik. Selain itu model pembelajaran inkuiri berbantuan PhET-SS dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan penguasaan konsep pada kelompok tinggi, kelompok sedang dan kelompok rendah dengan rata-rata N-Gain pada kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | abstrak tidak ada, file abstrak berisi daftar isi |
Uncontrolled Keywords: | Model Inkuiri; PhET; Penguasaan Konsep; Kesetimbangan Kelarutan Garam; |
Subjects: | Economic of Land and Energy Economic of Land and Energy > By Nongevernmental Groups |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | PKL4 SMKN 8 GARUT |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 01:28 |
Last Modified: | 17 Jan 2024 04:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73242 |
Actions (login required)
View Item |