Penerapan Model Inkuiri berbantuan Phet untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi kesetimbangan kelarutan garam

Destianti, Siti Aulia (2017) Penerapan Model Inkuiri berbantuan Phet untuk meningkatkan penguasaan konsep pada materi kesetimbangan kelarutan garam. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Aulia Destianti : Penerapan Model Inkuiri Berbantuan PhET untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Kesetimbangan Kelarutan Garam Materi kelarutan dan hasil kali kelarutan cenderung ke arah perhitungannya saja. Oleh karena itu memerlukan media yang mampu menggambarkan proses kelarutan tersebut secara submikroskopik dan simbolik yaitu dengan simulasi berbasis komputer. Pembelajaran melalui model inkuiri berbantuan media simulasi PhET-SS dibutuhkan agar siswa mampu menguasai konsep dan meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa pada setiap tahapan model inkuiri, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS, dan menganalisis penguasaan konsep siswa melalui media simulasi PhET-SS menggunakan model inkuiri pada materi Kesetimbangan Kelarutan Garam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Subjek penelitian adalah 38 orang siswa kelas XI IPA. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi, LKS, dan tes penguasaan konsep. Data hasil penelitian diuji menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri berbantuan PhET-SS pada materi kesetimbangan kelarutan garam secara keseluruhan telah diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata keterlaksanaan aktivitas menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan pembelajaran tersebut terlaksana dengan sangat baik. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS termasuk dalam kategori baik. Selain itu model pembelajaran inkuiri berbantuan PhET-SS dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan penguasaan konsep pada kelompok tinggi, kelompok sedang dan kelompok rendah dengan rata-rata N-Gain pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: abstrak tidak ada, file abstrak berisi daftar isi
Uncontrolled Keywords: Model Inkuiri; PhET; Penguasaan Konsep; Kesetimbangan Kelarutan Garam;
Subjects: Economic of Land and Energy
Economic of Land and Energy > By Nongevernmental Groups
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: PKL4 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 15 Aug 2023 01:28
Last Modified: 17 Jan 2024 04:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73242

Actions (login required)

View Item View Item