Septian, Muhammad M (2017) Penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dan ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesment, Satisfaction) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa: Penelitian eksperimen di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah - Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (552kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Hidayah Bogor yang bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas guru dan siswa menggunakan model ARCS, (2) aktivitas guru dan siswa menggunakan model ARIAS, (3) perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara yang menggunakan model ARCS, ARIAS, dan pembelajaran konvensional, (4) perbedaan hasil pencapaian kemampuan komunikasi matematis antara yang menggunakan model ARCS, ARIAS, dan pembelajaran konvensional, dan (5) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model ARCS dan ARIAS. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel kelas VII-4 menggunakan model ARCS, VII-5 menggunakan model ARIAS, dan VII-6 menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan pengolahan data diperoleh kesimpulan bahwa (1) aktivitas guru dan siswa menggunakan model ARCS mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya, (2) aktivitas guru dan siswa menggunakan model ARIAS mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya, (3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis antara yang menggunakan model ARCS, model ARIAS, dan pembelajaran konvensional, (4) terdapat perbedaan hasil pencapaian kemampuan komunikasi matematis antara yang menggunakan model ARCS dengan pembelajaran konvensional, dan model ARIAS dengan pembelajaran konvensional, dan (5) sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model ARCS dan ARIAS memberikan respon positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model ARCS; Model ARIAS; Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | Applied mathematics Applied mathematics > Special Topics of Applied Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PKL2 SMKN 8 GARUT |
Date Deposited: | 21 Aug 2023 02:01 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 06:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73291 |
Actions (login required)
View Item |