Peran kepemimpinan Yayasan Pembina Masjid dalam proses kaderisasi mahasiswa: Studi deskriptif di Yayasan Pembina Masjid Salman ITB Kota Bandung

Prayogi, Andri (2017) Peran kepemimpinan Yayasan Pembina Masjid dalam proses kaderisasi mahasiswa: Studi deskriptif di Yayasan Pembina Masjid Salman ITB Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_datar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)

Abstract

Kepemimpinan selalu memberikan kesan yang menarik. Wacana ini senantiasa memberikan daya tarik yang kuat pada setiap orang untuk menelitinya lebih dalam. Literatur tentang kepemimpinan senantiasa memberikan penjelasan bagaimana menjadi pemimpin yang baik, sikap dan gaya yang sesuai dengan situasi kepemimpinan, dan syarat pemimpin yang baik. Lebih jauh besar ditentukan oleh kepemimpinan. Secara historis, peran pemimpin dalam sebuah lembaga merupakan faktor penentu bagi keberlangsungan sebuah organisasi. Maka segala perangkat yang menunjang kepada nilai-nilai kepemimpinan dari seorang pemimpin merupakan hal yang penting bagi upaya pengembangan proses kaderisasi efektif. Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui: karakteristik kepemimpinan Yayasan Pembina Masjid Salman ITB ditinjau dari aspek kepemimpinan dan peranannya dalam konteks hubungan antar pribadi dan informasi serta pengambilan keputusan dalam proses kaderisasi mahasiswa. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kepemimpinan dapat diukur dengan mempergunakan tolok ukur yang sesuai dengan jenis dan sifat kelompok yang dipimpin yakni tujuan organisasi sehingga akan menghasilkan proses kaderisasi yang dapat dimanfaatkan untuk memajukan dan mengembangkan organisasi Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif, yakni memaparkan situasi dan peristiwa. Dalam hal ini, memaparkan situasi kepemimpinan dalam proses kaderisasi sebagai data primernya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Untuk penarikan kesimpulan pada penelitian ini diperlukan analisis data, dengan cara: proses satuan, kategorisasi, penafsiran, dan pengambilan kesimpulan Berdasarkan pengamatan di lokasi penelitian dan analisis data hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan bahwa peran kepemimpinan Yayasan Pembina Masjid dalam proses kaderisasi mahasiswa, Syarif Hidayat dipandang sebagai pemimpin yang autokratis serta corak kepemimpinannya yang cenderung demokratik serta tidak terlepas perannya sebagai leading figure, pengambilan keputusan yang sangat berpegang teguh pada prinsip musyawarah disertai dengan fungsi pengawasan otoritas formal pemimpin, serta sebagai pusat informasi dan mekanisme kontrol yang ada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan; dewan pembina masjid; kaderisasi mahasiswa
Subjects: Islam > Islamic Leaders
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: PKL4 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 16 Aug 2023 06:37
Last Modified: 16 Aug 2023 07:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73299

Actions (login required)

View Item View Item