Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program CSR (Coorporate Social Responsibility) PT.ASABRI: Penelitian di Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang

Yuwantona, Triyo (2017) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program CSR (Coorporate Social Responsibility) PT.ASABRI: Penelitian di Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan zaman, banyak berdirinya perusahaan-perusahaan di jawa barat salah satunya adalah PT ASABRI yang membuka cabang di kota Bandung. Perusahaan ini mempunyai kepedulian terhadap pengentasan kemiskinan dengan cara membuat program CSR yang memiliki tujuan akhir yaitu meningkatkan dan mendorong kemandirian dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar dapat meminimalisir kemiskinan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis konsep dan program CSR PT ASABRI dalam meningkatakan kesejahteraan masyarakat. Dianalisis dari pelaksanaan, proses dan dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Teori yang digunakan untuk menganalisis permasalahan dalam penenilitian ini yaitu dengan menggunakan teori pembangunan berkelanjutan (suistainable development) dari Brundtland Report yang menyatakan bahwa pembangunan berkelanjutan terdiri atas tiga tiang utama, ekonomi, sosial, dan lingkungan yang saling bergantung dan memperkuat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Sedangkan untuk menganalisis data digunakan dengan tafsir atau interpretasi logika yang dihubungkan dengan konteks Pengembangan Masyarakat Islam. Hasil penelitian menunjukkan konsep CSR PT ASABRI dalam memberdayakan ekonomi masyarakat Desa Cigendel menggunakan konsep suistainable development yang memiliki tujuan akhir yaitu memandirikan masyarakat, pelaksanaan program CSR PT ASABRI dalam memberdayakan ekonomi masyarakat Desa Cigendel diantaranya, pelatihan dan pemberian ternak sapi, pembuatan kompos, dan pembuatan biogas dari kotoran sapi. Adapun dampak program CSR PT ASABRI terhadap masyarakat Desa Cigendel meningakatnya kemampuan, keterampilan, dan pendapatan masyarakat serta tingginya tingkat kesadaran masyarakat terhadap kebersihan. Secara umum penelitian, dapat disimpulkan bahwa pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Cigendel Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang melalui program CSR (Coorporate Social Responsibility) PT ASABRI, berpengaruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan ekonomi; program csr;
Subjects: Econmics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: PKL2 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:43
Last Modified: 21 Aug 2023 07:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73303

Actions (login required)

View Item View Item