Strategi pesantren dalam meningkatkan minat belajar santri: Studi deskriptif di Pesantren Islamic Centre Limbangan Kp. Dunguswiru RT.01 RW. 04 Desa. Dunguswiru Kec. Blubur Limbangan Kab.Garut

Agistni, Muhammad B. (2017) Strategi pesantren dalam meningkatkan minat belajar santri: Studi deskriptif di Pesantren Islamic Centre Limbangan Kp. Dunguswiru RT.01 RW. 04 Desa. Dunguswiru Kec. Blubur Limbangan Kab.Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Pendidikan pondok psantren dalam kehidupan suatu bangsa memiliki nilai yang sangat tinggi, terutama untuk mengembangkan dan membangun generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa dalam mengisi kemerdekaan, sehingga dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa. Selain sebagai lembaga keagamaan Islam, pondok pesantren juga telah membuktikan dirinya sebagai lembaga pendidikan yang memiliki peran besar dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun, keberhasilan suatu kegiatan strategi pondok pesantren dalam meningkatkan minat belajar santri, tergantung pada penerapan sistem manajerial dalam mengelola kegiatan tersebut. Dan salah satu hal yang sangat penting dalam pencapaian tujuannya adalah strategi yang dilakukannya dalam meningkatkan minat belajar santri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran yang berlangsung di Pondok Pesantren Islamic Center Limbangan, serta upaya-upaya apa yang dilakukan Pondok Pesantren Islamic Center Limbangan dalam mengembangkan minat belajar santri. Penelitian ini bertitik tolak dari pentingnya sebuah strategi pesantren dalam meningkatkan minat belajar santri. tujuannya adalah untuk meningkatkan minat belajar santri, terutama dalam menghadapi tantangan zaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah Kualitatif melalui kegiatan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, diperoleh informasi bahwa Strategi Pondok Pesantren Islamic Center Limbangan dalam meningkatkan minat belajar santri dilakukan melalui: pertama proses pembelajaran yang khusus sesuai kebijakannya, yaitu meliputi Proses Pembelajaran yang berlangsung di Pondok Pesantren Islamic Center Limbangan, Serta dalam pembelajaran, kiyai menggunakan metode-metode tertentu, diantaranya: Metode Halaqoh, Metode Sorogan, Metode Musyawarah (Bhatsul Masa’il), Metode Hafalan (Muhafadzah), Metode Riyadhah, Metode Muhadarah, Kedua dalam Upaya-upaya yang dilakukan Pondok Pesantren Islamic Center Limbangan dalam mengembangkan minat belajar santri, yaitu dengan memberikan Motivasi, Pendidikan kewirausahaan dan keterampilan, yang akhirnya santri deberi rapot pada saat kelulusan. Dapat disimpulkan bahwa strategi pondok pesantren dalam meningkatkan minat belajar santri yang dilakukan Pondok Pesantren Islamic Center Limbangan bisa dikatakan baik dan sudah sesuai dengan standar manajerial Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pesantren; minat belajar; santri
Subjects: Islam
Islam > Da'wah
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: PKL4 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:57
Last Modified: 21 Aug 2023 07:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73308

Actions (login required)

View Item View Item