Rohmatun, Tuti Endah (2017) Perbandingan penggunaan metode index card match dengan metode konvensional pengaruhnya terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP BPI Bandung: Penelitian quasi eksperimen pada kelas VII SMP BPI Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text (BAB II)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilaksanakan di sekolah SMP BPI Bandung, ada beberapa Faktor penyebab kurangnya keaktifan belajar siswa di antaranya kurangnya keinginan untuk bersikap aktif , siswa kurang percaya diri, merasa malu dalam mengemukakan pendapat. Maka hal tersebut menimbulkan permasalahan yang harus diteliti. Peneltian ini bertolak pada pemikiran bahwa keaktifan belajar siswa dipengaruhi oleh ketepatan guru memilih metode pembelajaran. Atas dasar pemikiran tersebut peneliti memilih metode pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. karena metode index card match memiliki suatu kelebihan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran PAI. Berdasarkan Hl itu, peneliti mengajukan metode ICM untuk diterapkan dalam mata pelajaran PAI di SMP BPI, persoalannya adalah : Betulkah metode ICM dapat berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswapada mata pelajaran PAI di SMP BPI? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Proses pembelajaran PAI yang menggunakan metode konvensional. dan yang menggunakan metode Index Card Match. (2) pengaruh penerapan metode Index Card Match terhadap keaktifan belajar siswa. (3) perbedaan hasil keaktifan belajar siswa yang menggunakan motode pembelajaran Index Card Match dengan pembelajaran Konvesional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, menggunakan dua kelas yang telah ada sebagai sampel, kelas Eksperimen dan kelas Kontrol. subjek yang di jadikan penelitian yaitu kelas VII C dan VII D. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif yaitu angket dilakukan sebanyak dua kali yaitu pretes dan postes, sedangkan untuk menganalisis dan cara pengolahan data dilakukan dengan teknik statistik. Adapun hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Proses pembelajaran PAI yang menggunakan metode konvensional dengan yang menggunakan metode index card match berjalan dengan baik, dilaksanakan 2 kali pertemuan untuk kelas kontrol menggunakan metode konvensional dan kelas eksperimen menggunakan metode Index card match, kedua kelas tersebut diberikan pretes dan postes. (2) perbedaan keaktifan belajar siswa yang menggunakan motode pembelajaran Index Card Match dengan pembelajaran Konvesional dapat dilihat bahwa a) keaktifan belajar siswa pada kelas Kontrol memperoleh nilai rata-rata pre-test 68,06, post-test 66,1, N-gain 0,11 jika dipersenkan 11% termasuk peningkatan “rendah”. b) keaktifan belajar siswa pada kelas Eksperimen memperoleh nilai rata-rata pre-test 62, post-test 74,23, N gain 0,64 jika dipersenkan 64 % termasuk peningkatan “sedang”, dapat disimpulkan bahwa dari nilai rata-rata dan nilai N-gain di atas kelas kontrolpada metode konvensional dan eksperimen pada metode Index card match terdapat perbedaan dan pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa antara kelas konvensional dan eksperimen. (3) Pengaruh penggunaan metode konvensional dengan metode Index card match terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di dilihat dari nilai nilai rata-rata pretes kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional sebesar 68,01, nilai rata-rata postes sebesar 66,1, sedangkan nilai rata rata kelas eksperimen yang menggunakan metode Index card match sebesar 66,1 dan nilai rata-rata postes 74,23, dan dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa lebih besar nilai postes pada kelas eksperimen yang menggunakan metode index card match sebesar 74,23 dengan taraf 5% hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh terhadap keaktifan belajar siswa yang menggunakan metode Index Card Match.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; metode index card match; metode konvensional; keaktifan belajar |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PKL5 SMKN 11 GARUT |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 07:23 |
Last Modified: | 16 Aug 2023 01:19 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73317 |
Actions (login required)
View Item |