Pengaruh literasi ekonomi syariah, literasi digital dan responsibilitas terhadap kualitas sumber daya insani: Studi kasus pada alumni Prodi Ekonomi Syariah IAIN Ambon Angkatan 2014 – 2018

Masri, La Ode (2023) Pengaruh literasi ekonomi syariah, literasi digital dan responsibilitas terhadap kualitas sumber daya insani: Studi kasus pada alumni Prodi Ekonomi Syariah IAIN Ambon Angkatan 2014 – 2018. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (556kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan akan Sumber Daya Insani (SDI) terus meningkat dari tahun ke tahun. Dari sudut pandang Islam, segala sesuatu harus dilakukan dengan sopan dan santun dan tidak boleh ada kelalaian. Peran SDI dalam hal ini menentukan langkah perusahaan/organisasi agar berjalan secara terarah. Sumber daya insani yang handal yang berbasis syariah sesungguhnya harus diletakkan atas dasar kesadaran spiritual dan rasional. Di bidang ekonomi tidak ada konflik antara kesadaran spiritual dan kesadaran rasional. Maka kualitas sumber daya insani merupakan syarat mutlak untuk memulai pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur seberapa besar pengaruh literasi ekonomi syariah, literasi digital dan responsibilitas terhadap kualitas sumber daya insani, dengan studi kasus pada alumni prodi ekonomi syariah IAIN Ambon angakatan 2014 – 2018. Adapun teori yang dipakai dalam penelitian adalah teori ekonomi syariah oleh, Erika Amelia (2021) dalam buku Pengantar Ekonomi Islam, teori literasi oleh Yunus Abidin, dkk (2021) dalam buku Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis, teori literasi ekonomi syariah oleh Ahmad Zaky Darmawan (2021) dalam Buku Laporan Ekonomi dan Keuangan Syariah 2021, teori literasi digital oleh Chairul Rizal (2022) dalam buku Literasi Digital, Dan teori responsibilitas oleh Eko Sudarmanto (2021) dalam buku Good Corporate Governance (GCG). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode deskriftif untuk menjelaskan variabel yang diteliti dan verifikatif untuk menguji kausalitas hubungan antar variabel penelitian. Metode verifikatif pada dasarnya dilakukan untuk menguji teori dengan pengujian hipotesis. Objek penelitian ini adalah Alumni Prodi Ekonomi Syariah IAIN Ambon Angkatan 2014 – 2018. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Banyaknya sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 sampel (responden). Berdasarkan hasil penelitian dengan teori serta metodelogi yang digunakan, maka dapat simpulkan, secara parsial literasi ekonomi syariah memiliki pengaruh sebesar 4,164% terhadap kualitas sumber daya insani, literasi digital memiliki pengaruh sebesar 4,049% terhadap kualitas sumber daya insani dan responsibilitas memiliki pengaruh sebesar 2,067% terhadap kualitas sumber daya insani. Dan memeliki pengaruh secara simultan sebesar 62,2% terhadap kualitas sumber daya insani dan sisanya sebesar 37,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Hal ini berarti literasi ekonomi syariah, literasi digital dan responsibilitas merupakan kebutuhan penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya insani.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi; Ekonomi Syariah; Digital; Responsibilitas; Sumber Daya Insani
Subjects: Islam > Islam and Economics
Islam Umum
Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Islam Umum > Islam dan Ilmu Terapan, Islam dan Teknologi
Econmics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Masri La Ode
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:56
Last Modified: 09 Aug 2023 04:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73319

Actions (login required)

View Item View Item