perbandingan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model gallery walk dengan menggunakan model team assisted individualization pada mata pelajaran akidah akhlak “(Penelitian Quasi Experiment Pada Siswa Kelas XI IPS 1 dan IPS 3 MAN 2

Permana, Handri (2017) perbandingan hasil belajar kognitif siswa menggunakan model gallery walk dengan menggunakan model team assisted individualization pada mata pelajaran akidah akhlak “(Penelitian Quasi Experiment Pada Siswa Kelas XI IPS 1 dan IPS 3 MAN 2. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)

Abstract

ABSTRAK Handri Permana: Perbandingan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Model Gallery Walk dengan Menggunakan Model Team Assisted Individualization Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak (Penelitian Quasi Experiment Pada Siswa Kelas XI IPS 1 dan IPS 3 MAN 2 Bandung)Penelitian ini berawal dari kurangnya guru dalam menggunakan model pembelajaran. Pembelajaran yang lebih cenderung bersifat berpusat pada guru, di mana siswa lebih banyak diam untuk mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran, di antaranya ialah model gallery walk dan team assisted individualization. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model gallery walk dan team assisted individualization pada mata pelajaran akidah akhlak, perbandingan hasil belajar kognitif siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan model gallery walk dan team assisted individualization. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa di pengaruhi oleh ketepatan guru memilih model pembelajaran. Atas dasar itu peneliti memilih model gallery walk dan team assisted individualization. Karena kedua model ini cenderung membuat siswa lebih aktif daripada guru. Model gallery walk dan team assisted individualization ialah model yang dalam pembelajarannya berpusat kepada siswa, membuat siswa lebih berperan aktif dalam pembelajaran. Salah satu kelebihan dari kedua model tersebut; model gallery walk memiliki kelebihan meningkatkan keaktifan siswa dan mudah mengingat dalam pembelajaran, dan model team assisted individualization kelebihannya melatih siswa agar lebih aktif dan termotivasi dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desain. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Bandung, dan untuk sampel menggunakan 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3. Hipotesis yang diajukan adalah “Tidak terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi menghindari akhlak tercela kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 menggunakan model gallery walk dan team assisted individualization. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model gallery walk nilai rata-rata postest sebesar 73. Sedangkan pada kelas yang menggunakan model team assisted individualization rata-rata postest sebesar 64,7. Perbandingan hasil belajar kognitif kelas yang menggunakan model gallery walk memiliki rata-rata pretest 50, rata-rata posttest 73 dan N-Gain 0,44 dengan kriteria sedang, sedangkan kelas yang menggunakan model team assisted individualization memiliki rata-rata pretest 50,89 rata-rata posttest 64,7 dan N-Gain 0,29 dengan kriteria rendah, disimpulkan terdapat perbedaan antar menggunakan model gallery walk dan team assisted individualization.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model gallery walk,model team assisted ,akidah akhlak
Subjects: Islam > Da'wah
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: PKL4 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 28 Nov 2023 09:02
Last Modified: 28 Nov 2023 09:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73328

Actions (login required)

View Item View Item