Strategi Program Infolita ( Studi Kasus Pemberitaan Radio Lita 90.9 Fm Bandung )

Rachmah, Yuliana (2017) Strategi Program Infolita ( Studi Kasus Pemberitaan Radio Lita 90.9 Fm Bandung ). Sarjana thesis, UIN Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1__cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)

Abstract

Menyebar luasnya pemberitaan di media massa terutama radio membuatmasyarakat dengan mudahnya mendapatkan informasi terhangat. Dalampemberitaannya beberapa radio membentuk radionya sebagai radio khusus berita,atau hanya sebagai pelengkap salah satu programnya dalam memberikan informasi terhangat. Biasanya para pengelola radio khusus berita mendapatkan informasi dariwartawan lapangannya. Akan tetapi beberapa radio yang bukan terbentuk sebagairadio berita memanfaatkan media lain sebagai bahan pemberitaan dengan caramengutip, maka dari itu beberapa stasiun radio seperti itu memiliki strategimasing-masing dalam penyajiannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perumusan strategipemberitaan dalam program Infolita, pelaksanaan strategi pemberitaan yangdilakukan dalam program Infolita, dan evaluasi strategi pemberitaan dalam program Infolita. Teori yang digunakan yaitu teori hirarki yang dikemukakan oleh Shoemakerdan Reese pengaruh isi media. Menurut teori ini ada lima level yang mempengaruhi isi media, yaitu level individual, rutinitas media, organisasi media, ekstra media,dan ideologi media. Teori tersebut digunakan untuk mengetahui bagaimana Strategi Program Infolita di Radio Lita dilihat dari tahapan-tahapan strategi.Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode deskriptif dipilih karena fokus masalah yang diteliti adalahterkait lembaga media massa serta perananya sebagai pelengkap program dalam penyebaran informasi yang didapat dari hasil media cetak yaitu koran PikiranRakyat. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah melalui observasi,wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian, program Infolita melakukan strategi pertama denganperumussan terlebih dahulu yang ingin dicapai baik setiap tahunnya maupun setiapharinya sebelum pelaksanaan dimulai melputi kegiatan megembangkan visi misi, mengidentifikasi peluang, persaingan eksternal organisasi. Kedua, pelaksanaanstrategi yang dilakukan meliputi menetapkan tujuan tahunan, menyusun kebijakan, mengalokasi sumber daya, mengubah struktur organisasi. Ketiga, evaluasi yangdilakukan sebulan sekali terkait semua program dengan mengkaji ulang faktorinternal dan eksternalnya yang menjadi landassan perumussan strategi yang diterapkan sekarang. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan, bahwa tahapanstrategi yang dibentuk pada program Infolita harus dikembangkan oleh penyiarnya, penyiar profesional sangat dibutuhka dalam program tersebut, karena penyiaritutut tidak hanya mahir dalam broadcasting saja, tetapi harus mahir dalamkejurnalistikkan, dimana tidak hanya siaran semata tetapi mampu mengkemas berita terhangat dari sumber yang sudah disediakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: studi;program;infolita
Subjects: Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: PKL5 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:36
Last Modified: 30 Nov 2023 02:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73337

Actions (login required)

View Item View Item