Hubungan Antara Kualitas Berita Kompas.com Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung Angkatan 2014

SUMARSO, DEDEN (2017) Hubungan Antara Kualitas Berita Kompas.com Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung Angkatan 2014. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Perkembangan teknologi masa kini begitu cepat, setiap detiknya selalu ada yang baru. Begitu juga teknologi informasi. Masyarakat modern selalu mencari kemudahan untuk mendapatkan berita. Perusahaan yang bergerak dibidang media massa, dalam hal ini media online yang terhubung secara berkelanjutan dengan internet. Media massa yang berbasis online posisinya saat ini mampu menggeser kedudukan media massa konvensional (cetak dan televisi). Bahwa sanya banyak kelebihan yang kita peroleh dari konvergensi media massa tersebut, menjadikan penyebarannya kini menjadi dinamis, praktis, real, up to date dan fleksibel. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Hubungan Antara Kualitas Situs Berita Online Kompas.com Dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung Angkatan 2014. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode deskriftif yang mengacu pada paradigm positivism.Jenis penelitian deskriptif bertujuan untuk mendapatkan uraian yang menggambarkan suatu kolektivitas dengan syarat bahwa representasi harus dijamin. Penelitian deskriptif ini akan memanfaatkan atau menciptakan konsepkonsep ilmiah sekaligus berfungsi dalam mengadakan suatu klasifikasi mengenai gejala-gejala yang dipersoalkan. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications. Penulis mencoba melihat seberapa tinggi kepuasan yang dicari dan tingkat kepuasan yang diperoleh Mahasiswa Jurnalistik Angkatan 2014 UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam mengakses situs berita online Kompas.com. penelitian ini pada akhirnya memaparkan seberapa tinggi kualitas situs berita online Kompas.com dalam upaya memenuhi kebutuhan akan informasi bagi khalayak.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa menurut Mahasiswa Jurnalistik Angkatan 2014 UIN Sunan Gunung Djati Bandung terhadap kualitas situs berita Kompas.com cukup tinggi. Kualitas Situs Berita Online Kompas.com juga memiliki pengaruh yang sangat tinggi terhadap tingkat kepuasan dalam pemenuhan kebutuhan informasi bagi mahasiswa Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung, hal tersebut ditunjukan dengan besarnya hubungan antara kualitas situs berita online Kompas.com dengan pemenuhan informasi dengan hasil lebih dari 53% yang termasuk kategori kuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Berita Kompas.com, Informasi Mahasiswa Jurnalistik UIN Bandung
Subjects: Applied Physics > Communication Engineering
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 05 Oct 2023 02:45
Last Modified: 05 Oct 2023 02:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73338

Actions (login required)

View Item View Item