Pelaksanaan program Bengkulu Makmur dan Bengkulu Peduli BAZNAS Provinsi Bengkulu terhadap kesejahteraan dan implikasinya terhadap Social Care Mustahik

Hendrianto, Hendrianto (2023) Pelaksanaan program Bengkulu Makmur dan Bengkulu Peduli BAZNAS Provinsi Bengkulu terhadap kesejahteraan dan implikasinya terhadap Social Care Mustahik. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
000. COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
00. ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
0. DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
1. BAB 1.pdf

Download (573kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
2. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text (BAB III)
3. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (BAB IV)
4. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
5. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kecukupan dan kesejahteraan yang dirasakan oleh mustahik setelah menerima zakat akan menumbuhkan kesadaran akan kasih sayang Allah melalui tangan para muzakki. Kemudian kepekaan sosial akan muncul dan hadir dorongan untuk juga membantu orang lain dalam masyarakat atau disebut juga dengan kepedulian sosial (social care). Namun 65% mustahik selfishness dalam kehidupan dan berada di lingkungan terpencil, seharusnya dengan adanya kebaikan muzakki bisa melahirkan kebaikan pula dari mustahik kepada orang lain dan lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan menganalisis secara parsial mengenai, program Bengkulu Makmur dan program Bengkulu Peduli tehadap kesejahteraan dan sosial care, kesejahteraan memediasi pengaruh Program Bengkulu makmur terhadap social care mustahik, dan kesejahteraan memediasi pengaruh Program Bengkulu Peduli terhadap social care mustahik. Penelitian ini menggunakan teori welfare state oleh Jeremy Bentham yang menilai bahwa negara sejahtera terdapat pada mayoritas warga yang berkecukupan. Teori Abraham Maslow yaitu terercukupinya physiological needs, safety needs, social needs, esteem needs, selfactualization needs, dan teori Amelia Fauzia yaitu bahwa perkembangan zakat memiliki konsep: (a) kewajiban agama, (b) moralitas agama, dan (c) keadilan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi dengan analisis data statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Program Bengkulu Makmur berpengaruh positif dan signifikan terhadap social care, artinya semakin meningkat program Makmur mustahik akan lebih peduli (2) Program Bengkulu Makmur berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan mustahik, (semakin meningkat program Makmur mustahik akan lebih sejahtera) (3) Kesejahteraan mustahik berpengaruh positif dan signifikan terhadap social care mustahik,(makin sejahtera mustahik maka meningkat kepedulian pada lingkungan), (4) Kesejahteraan mustahik memediasi pengaruh Program Bengkulu Makmur dan social care dengan positif dan signifikan (semakin meningkat program Makmur maka meningkat pula kesejahteraan dan peduli mustahik pada lingkungan), (5) Program Bengkulu Peduli berpengaruh positif dan signifikan terhadap social care mustahik (semakin meningkat program peduli maka semakin peduli mustahik pada lingkungan, (6) Program Bengkulu Peduli berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan mustahik,(semakin meningkat program peduli semakin sejahtera mustahik), (7) Kesejahteraan mustahik memediasi pengaruh Program Bengkulu Peduli dan social care dengan positif dan signifikan (semakin meningkat program peduli, maka makin sejahtera dan makin peduli mustahik pada lingkungan).

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Bengkulu Makmur; Bengkulu Pedulu; BAZNAS; Social Care; Kesejahteraan; Mustahik;
Subjects: Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Macroeconomics and Related Topics > Distribution of Income and Wealth
Social Welfare, Problems and Services
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Hukum Islam > Konsentrasi Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Hendrianto Hendrianto
Date Deposited: 16 Aug 2023 01:44
Last Modified: 16 Aug 2023 01:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73364

Actions (login required)

View Item View Item