Pengaruh kualitas pelayanan promosi dan penanganan komplain terhadap loyalitas nasabah di PT Bank BJB Syariah kantor cabang pembantu Purwakarta

Annisa, Neng Nur (2023) Pengaruh kualitas pelayanan promosi dan penanganan komplain terhadap loyalitas nasabah di PT Bank BJB Syariah kantor cabang pembantu Purwakarta. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
01.COVER.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
03.DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
04.BAB_I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text (BAB V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
09.DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

Persaingan dunia bisnis perbankan syariah saat ini terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlah bank yang beroperasi. Hal ini mencerminkan respon industri perbankan terhadap permintaan yang semakin tinggi akan layanan perbankan syariah di Indonesia. Dalam mencapai tujuan ini, persaingan antar bank menjadi semakin gencar. Setiap bank berusaha untuk memenangkan kepercayaan dan minat nasabah dengan menawarkan produk dan layanan yang unggul. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah, 2) pengaruh promosi terhadap loyalitas nasabah, 3) pengaruh penanganan komplain terhadap loyalitas nasabah, dan 4) pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan penanganan komplain terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan teori kualitas pelayanan, promosi, penanganan komplain, dan loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif verifikatif. Sedangkan analisis data menggunakan uji korelasi parsial, korelasi simultan, uji regresi, uji T yaitu parsial dan juga uji F yaitu simultan. Sebelum dilakukan uji statistik, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Berdasarkan hasil penelitian nilai Adjusted R sebesar 0,519 nilai koefisien determinasi ini merupakan kontribusi suatu variabel terhadap pembentukan nilai variabel dependennya. Dari nilai ini dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan, Promosi dan Penanganan Komplain, memiliki kontribusi sebesar 51,9% terhadap pembentukan variasi nilai Loyalitas Nasabah (Y), sedangkan sisanya 48,1% dijelaskan oleh faktor lain di luar model. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara kualitas pelayanan dengan loyalitas nasabah, 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara promosi dengan loyalitas nasabah, 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara penanganan komplain dengan loyalitas nasabah, dan 4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara kualitas pelayanan, promosi dan penanganan komplain terhadap loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan; Promosi; Penanganan Komplain; Loyalitas Nasabah; Metode Kuantitatif
Subjects: Financial Economics, Finance
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Annisa Neng Nur
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:14
Last Modified: 14 Aug 2023 01:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73408

Actions (login required)

View Item View Item