Nuraeni, Nuraeni (2023) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film mimpi ananda raih semesta dan relevansinya dengan pendidikan agama Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (361kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA : Penelitian ini dilatar belakangi karena diperlukan media dan fasilitas yang sesuai agar pendidikan agama Islam dapat terus berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan keadaan zaman. Penggunaan media audio visual seperti film sudah menjadi hal yang lumrah di tengah perkembangan zaman yang semakin pesat. Salah satu media penyampaian pesan pembelajaran adalah film. Jika seseorang ingin menerima pesan-pesan positif dari film, ia juga harus memilih dan menyusun film-film yang positif. Film “Mimpi Ananda Raih Semesta” merupakan salah satu film yang menjelaskan tentang pelajaran pendidikan agama Islam. Judulnya yang sarat dengan nilai karakter serta pendidikan agama Islam membuat peneliti untuk meneliti film tersebut. Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dan relevansinya dengan pendidikan agama Islam, peneliti meneliti, mengevaluasi, dan mengkaji film tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1 ) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Mimpi Ananda Raih Semesta. 2) Nilai-nilai dalam pendidikan agama islam dan 3) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Mimpi Ananda Raih Semesta dengan pendidikan agama islam. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa film dapat memengaruhi perilaku anak-anak, termasuk karakter yang mereka perankan, hal ini pun sesuai dengan pernyataan Trianto bahwa film dapat memberi informasi kepada penonton dan berdampak besar pada sikap mereka. Penggunaan teknologi merupakan strategi yang layak untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Metodologi penelitian dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu Semiotika Ferdinand de Saussare yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang di dokumentasikan dalam bentuk rekaman, baik dalam gambar, suara mapupun tulisan gambaran yang berbentuk suara, gagasan, atau penanda dan petanda. Adapun hasil penelitian maka didapatkan kesimpulan: 1) Terdapat sembilan nilai-nilai pendidikan karakter dalam film nilai tablig, tauhid, taqwa, tawakal, muamalah, peduli, kerja keras, berbakti pada orang tua, dan tidak putus asa. 2) Terdapat tiga nilai dalam Pendidikan Agama Islam, nilai aqidah, syariah, dan akhlak 3) Terdapat relevansi nilai-nilai karakter dalam film Mimpi Ananda Raih Semesta dengan Pendidikan Agama Islam pada ruang lingkup dasar nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yaitu yang pertama nilai aqidah mengenai keimanan relevansi dengan nilai tablig, tauhid, taqwa, jujur, tawakal, kerja keras, dan tidak putus asa. Nilai syariah mengenai ibadah dan hukum yang di tetapkan untuk suatu amalan relevansi dengan muamalah atau jual beli. Kemudian nilai Pendidikan Agama Islam yaitu akhlak relevansi dengan pendidikan karakter berbakti pada orangtua, dan peduli. ENGLISH : The background of this research is that appropriate media and facilities are needed so that Islamic religious education can continue to run effectively and efficiently in accordance with the conditions of the times. The use of audio-visual media such as film has become commonplace in the midst of an increasingly rapid development of the era. One of the media for delivering learning messages is film. If one wants to receive positive messages from films, one must also select and arrange positive films. The film "Ananda's Dream Reaches the Universe" is one of the films that explains the lessons of Islamic religious education. The title, which is loaded with character values and Islamic religious education, made researchers examine the film. To find out the values of character education and their relevance to Islamic religious education, researchers researched, evaluated and studied the film. The purpose of this research is to find out: 1) The values of character education in the film Mimpi Ananda Raih Semesta. 2) Values in Islamic religious education and 3) Relevance of character education values in the film Mimpi Ananda Raih Semesta with Islamic religious education. This research is based on the idea that films can influence children's behavior, including the characters they play, this is also in accordance with Trianto's statement that films can provide information to the audience and have a major impact on their attitudes. The use of technology is a viable strategy for instilling character education values. The research methodology of this study uses a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques used in this study are observation and documentation. While the data analysis technique used is Ferdinand de Saussare Semiotics, namely research conducted on information documented in the form of recordings, both in pictures, sounds and written images in the form of sounds, ideas, or signifiers and signifieds. As for the results of the study, it can be concluded: 1) There are nine values of character education in the film the values of tabligh, monotheism, piety, trust, muamalah, caring, hard work, devotion to parents, and not giving up. 2) There are three values in Islamic Religious Education, the values of aqidah, sharia, and morals 3) There is a relevance of the character values in the film Mimpi Ananda Reaching the Universe with Islamic Religious Education in the basic scope of the values of Islamic Religious Education, namely the first is the value of aqidah regarding faith, relevance to the values of tabligh, monotheism, piety, honesty, trustworthiness, hard work, and not giving up. Sharia values regarding worship and law are determined for a practice of relevance to muamalah or buying and selling. Then the value of Islamic Religious Education is moral relevance to character education devoted to parents, and caring.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Film; Pendidikan karakter; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Public Performances > Film Reviews |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nuraeni Nuraeni |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 02:55 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 02:55 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73420 |
Actions (login required)
View Item |