Analisis implementasi fatwa DSN-MUI no: 144/DSN-MUI/XII/2021 tentang Marketplace berdasarkan prinsip Syariah : Studi Shopee Barokah pada Marketplace Shopee

Lisnawati, Tina (2023) Analisis implementasi fatwa DSN-MUI no: 144/DSN-MUI/XII/2021 tentang Marketplace berdasarkan prinsip Syariah : Studi Shopee Barokah pada Marketplace Shopee. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Marketplace (lokapasar) adalah tempat transaksi online yang diminati saat ini. Marketplace ini merupakan transaksi bisnis baru yang perlu dikaji apakah ada dalil yang melarangnya atau tidak. Sebab selama tidak ditemukan dalil yang mengharamkan maka praktik marketplace ini boleh dilakukan, sebagaimana kaidah fikih muamalah yang menyebutkan bahwa hukum awal muamalah adalah diperbolehkan selama tidak ada dalil yang mengharamkannya. Salah satu dasar hukum yang dapat menjadi acuan dalam praktik marketplace saat ini adalah fatwa DSN-MUI No: 144/DSN-MUI/XII/2021. Lantas apakah praktik marketplace saat ini sudah menerapkan prinsip syariah sebagaimana yang diatur fatwa tersebut?. Bagaimanakah praktik dan implementasinya?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik shopee barokah pada marketplace shopee dan mengetahui implementasi Fatwa DSN-MUI No: 144/DSN-MUI/XII/2021 Tentang Marketplace berdasarkan Prinsip Syariah pada fitur shopee barokah dalam marketplace shopee.Adapun metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) serta penelitian lapangan (field research). Penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder yang berasal dari observasi tidak langsung, wawancara, buku-buku, jurnal maupun karya ilmiah yang berkaitan dengan penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu (1) praktik shopee barokah dalam marketplace shopee belum sepenuhnya sesuai dengan fatwa DSN-MUI No: 144/DSN-MUI/XI/2021 Tentang Marketplace berdasarkan Prinsip Syariah. Beberapa aspek yang belum sesuai yaitu terkait akad yang digunakan, hak khiyar yang belum diterapkan sepenuhnya dan masih terdapat beberapa tindakan yang tidak sesuai dengan syariat islam yaitu tindakan tadlis, ghisysy dan tanajusy. Praktik shopee barokah sendiri tidak terlalu berbeda jauh dari praktik di marketplace shopee biasanya. Perbedaannya hanya terletak pada metode pembayaran yaitu pembayaran barokah serta praktik shopee barokah ini memiliki beberapa kelebihan fitur yang dapat membantu umat muslim dalam beribadah, seperti fitur ZISWAF, fitur Shopee Berkurban dan lain-lain. (2) fatwa DSN MUI No: 144/DSN-MUI/XI/2021 Tentang Marketplace berdasarkan Prinsip Syariah diimplementasikan dalam mekanisme operasional shopee barokah. Dimana ada dua mekanisme marketplace, yaitu marketplace murni dan marketplace konsinyasi. Shopee barokah sendiri cenderung lebih beroperasi sebagai marketplace murni. Kurangnya pemahaman terkait konsep syariah menjadi salah satu penyebab belum maksimalnya penerapan prinsip syariah dalam shopee barokah di marketplace shopee. Akan lebih baik jika para pelaku ekonomi terutama para pengguna marketplace lebih memahami konsep syariah agar dapat menerapkan praktik muamalah yang sesuai syariat islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Marketplace; prinsip syariah; Shopee Barokah;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Aspek Fikih Lainnya
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Tina Lisnawati
Date Deposited: 23 Aug 2023 00:58
Last Modified: 23 Aug 2023 00:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73550

Actions (login required)

View Item View Item