Pengaruh manajemen pembelajaran berbasis E-learning terhadap prestasi belajar siswa : Penelitian di MAN Berbasis E-learning di Kabupaten Garut tahun pelajaran 2020-2021

Apriyanti, Amelia (2023) Pengaruh manajemen pembelajaran berbasis E-learning terhadap prestasi belajar siswa : Penelitian di MAN Berbasis E-learning di Kabupaten Garut tahun pelajaran 2020-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER .pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI .pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi, terutama dalam teknologi komunikasi yang membawa perubahan besar dalam berbagai bidang. Pendidikan dan pembelajaran adalah salah satu bidang yang berkembang sebagai akibat kemajuan teknologi komunikasi ini. Jika waktu-waktu sebelumnya hubungan antara pendidik-peserta didik hanya berlangsung melalui kegiatan tatap muka, dibatasi oleh sekat ruang dan waktu, atau melalui media cetak, ternyata saat ini telah dapat dikembangkan melalui komunikasi online yang menembus sekat-sekat ruang dan waktu. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran berbasis e-learning siswa kelas XI di MAN Kabupaten Garut, untuk mendeskripsikan prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih kelas XI di Kabupaten Garut, dan untuk menguji hipotesis pengaruh manajemen pembelajaran berbasis e-learning terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Fiqih kelas XI di MAN Kabupaten Garut. Metode penelitian ini menggunakan metode survey/Ex Post Facto dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel 100 siswa kelas XI MAN Kabupaten Garut. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu Uji Instrumen (Validitas dan Realibitas), analisis parsial perindikator, uji normalitas, analisis korelasi, dan uji hipotesis (analisis regresi linier sederhana, uji T, uji F, koefisien determinan). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen pembelajaran e-learniing dengan prestasi belajar siiswa sebesar 0.299 dengan nilai sig. 0,000. Oleh karena itu sig. 0,000< 0,05 maka terdapat pengaruh antara variabel manajemen pembelajaran (X) dan prestasi belajar (Y) searah, dimana setiap kenaikan setiap satusatuan variabel sistem manajemen (X) akan menyebabkan kenaikan prestasi belajar (Y) sebesar 0,299. Selain itu diperoleh persamaan regresi Y= 51,131 + 0,299X. Maka dapat diartikan bahwa pengaruh manajemen pembelajaran (X) terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 12,7% dan selebihnya 87,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran E-Learning; Prestasi Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Amelia Apriyanti
Date Deposited: 15 Aug 2023 01:37
Last Modified: 15 Aug 2023 01:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73552

Actions (login required)

View Item View Item