ikhsan f, muhammad (2017) manajemen pers dakwah dalam meningkatkan informasi ke islaman. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (291kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
Abstract
Pengaruh globalisasi serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi membuka peluang masuknya informasi secara mudah dari berbagai belahan dunia. Masyarakat tentu tak ingin ketinggalan dengan peristiwa-peristiwa aktual yang terjadi. Di sinilah peran media massa sebagai sumber informasi dirasa begitu penting. Media massa merupakan sarana penyampaian informasi bagi masyarakat. Surat kabar tak hanya bersaing dengan sesama surat kabar, tetapi juga dengan tabloid, majalah, radio, bahkan yang lebih berat lagi adalah dengan televisi dalam mendapatkan iklan dan menarik pembaca. Kompetisi kini makin ketat dengan maraknya industri media berbasis internet. Begitupun dengan Majalah Risalah, meskipun sudah berdiri sejak lama akan tetapi tantangan tersebut sangat terasa untuk perkembangan majalah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen Pers dakwah dalam meningkatkan informasi keislaman yang dilakukan oleh Majalah Risalah Persatuan Islam Bandung. Penelitian ini bertitik tolak pada proses komunikasi secara primer, pikiran dan atau perasaan seseorang baru akan diketahui oleh dan akan ada dampaknya kepada orang lain apabila ditramsmisikan dengan menggunakan media primer tersebut yaitu lambang-lambang. Dengan demikian, pesan (message) yang disampaikan komunikator kepada komunikan terdiri dari isi (content) dan lambang-lambang (symbol). Proses komunikasi sekunder merupakan sambungan dari komunikasi primer untuk menembus dimensi ruang dan waktu. Maka, dalam menata lambang-lambang untuk memformulasikan isi pesan komunikasi, komunikator harus memperhitungkan ciri-ciri atau sifat-sifat media yang akan digunakan. Setiap proseS komunikasi mempunyai hasil akhir, yaitu yang disebut dengan efek. Pers Dakwah tentunya harus memberikan dan menyajikan informasi keislaman (aqidah, akhlah, mu’amalah dll). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Karena tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang manajemen pers dakwah yang dilakukan oleh Majalah Risalah. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah, menentukan lokasi penelitian, menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data, dan akhirnya mengolah dan menganalisis data. Hasil penenlitian menunjukan bahwa Majalah Risalah melakukan tahapan-tahapan dan juga menjalankan fungsi manajemen dengan baik, meskipun ada beberapa fungsi yang dijalankan belum oftimal. Hal ini terindikasi dari adanya rangkap tugas yang terjadi, seperti dewan redaksi yang melakukan tugas dari sirkulasi. Selain itu karena penanggung jawab rubrik dipandang sebagai orang-orang yang kompeten, maka pimpinan kurang memberikan pengawasan. Itu yang menjadi salah satu faktor yang membuat majalah Risalah, karena dikelola oleh sumber daya manusia yang loyal dan juga bertanggung jawab. Manajemen yang berlandaskan Islam seperti kebenaran dalam pemberitaan, kejujuran dalam pengelolaan, keterbukaan dalam segala laporan, dan juga keahlian yang menjadi dasar perekrutan pekerja dan pengurus menjadi dasar yang dilakukan oleh majalah risalah. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa manajemen pers dakwah dalam meningkatkan informasi keislaman yang dilakukan oleh Majalah Risalah belum oftimal, meskipun pada pesan dan juga isi yang termuat dalam majalah masih baik dan juga berkualitas untuk dijadikan rujukan informasi keislaman.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen,dakwah,informasi ke islaman |
Subjects: | Islam Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | PKL1 SMKN 8 GARUT |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 02:08 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 02:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73649 |
Actions (login required)
View Item |