Respon siswa terhadap penerapan Reward and Punishment hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist: Penelitian di Kelas VB MIN 2 Margasari Kota Bandung

Nurlaeli, Nia (2015) Respon siswa terhadap penerapan Reward and Punishment hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadist: Penelitian di Kelas VB MIN 2 Margasari Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari fenomena yang ditemukan di kelas VB MIN 2 Margasari Kota Bandung, diperoleh informasi bahwa proses pembelajaran alQuran Hadits menerapkan reward and punishment, dan hasil pantauan penulis, respon siswa terhadap penerapan reward and punishment tersebut sudah cukup tinggi. Hal tersebut tampak pada perilaku siswa yang sudah memperhatikan pelajaran, dan peran serta atau keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar cukup tinggi. Namun di sisi lain sebagian siswa motivasi belajarnya masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan masih adanya siswa yang terlihat tidak bersemangat, terlihat bermalas-malasan, tidak mengerjakan tugas, dan jarang menjawab ketika guru bertanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Respon siswa terhadap penerapan reward and punishment; (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran Hadits; (3) Hubungan antara respon siswa terhadap penerapan reward and punishment dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran alQuran Qadits.s Penelitian ini bertolak pada kajian teori yang menyatakan bahwa rewar dand punishment merupakan salah satu motivasi ekstrinsik bagi siswa untuk belajar dengan semangat. Dari asumsi tersebut dirumuskan hipotesis, semakin tinggi respon siswa terhadap penerapan reward and punishment semakin tinggi pula motivasi belajar mereka pada mata pelajaran al-Quran Hadits. Sebaliknya semakin rendah respon siswa terhadap penerapan reward and punishment semakin rendah pula motivasi belajar mereka pada mata pelajaran al-Quran Hadits Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya melalui angket, wawancara, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MIN 2 Margasari Kota Bandung yang berjumlah 25 orang, sementara sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Analisis korelasi kedua variabel menggunakan korelasi rank, karena kedua variabel berdistribusi normal namun regresinya tidak linier. Dari hasil analisis, diketahui bahwa realitas respon siswa terhadap penerapan reward and punishment termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 4,03 dan realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Quran Hadits termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata 3,98. Hubungan antara keduanya ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,35, yakni termasuk pada kategori rendah. Hasil t test pada taraf signifikansi 5% menunjukkan t hitung < t tabel yaitu 1,79 < 2,069. Sehingga Ha ditolak artinya tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara respon siswa terhadap penerapan reward and punishment dengan motivasi belajar mereka pada mata Pelajaran al-Quran Hadits. Adapun kadar pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 6%. Dengan demikian, masih terdapat 94% faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar mereka pada mata pelajaran al-Quran Hadits.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Reward and Punishment; motivasi belajar; Al-Qur'an Hadist
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:54
Last Modified: 05 Dec 2023 02:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73751

Actions (login required)

View Item View Item