Tanggapan siswa terhadap penggunaan model Problem Based Learning (PBL) hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Aqidah Akhlak : Penelitian terhadap siswa kelas VII MTs Al-Misbah Kota Bandung

Maulida, Ratu Intan (2023) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model Problem Based Learning (PBL) hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Aqidah Akhlak : Penelitian terhadap siswa kelas VII MTs Al-Misbah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada di MTs Al-Misbah pada hasil observasi dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar di MTs Al-Misbah, pernah ditemui yang semestinya siswa memperhatikan guru tetapi sebaliknya siswa tidak memperhatikan guru pada saat proses belajar mengajar, keluar masuk kelas, bermain dengan teman, mengobrol, tidak mengerjakan tugas/PR, kurang antusias mengikuti pembelajaran dan kurangnya motivasi mengikuti pembelajaran. Guru dalam proses pembelajaran menerapkan model Problem Based learning. secara umum tanggapan siswa terhadap penggunaan model tersebut positif. Peneliti tertarik untuk meneliti hal ini, apakah ada hubungan antara keduanya? Tujuan dari penelitian ini yaitu agar dapat mengetahui: 1. tanggapan siswa terhadap penggunaan model Problem Based Learning di kelas VII MTs Al-Misbah? 2. motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VII MTs Al-Misbah? 3. hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan model Problem Based Learning dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak MTs Al-Misbah? Penelitian ini bertolak dari pemikiran teoritik, bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan model Problem Based Learning dipengaruhi oleh berbagai faktor antara motivasi belajar pada mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Maka demikian hipotesis yang diajukan ialah semakin positif tanggapan siswa terhadap penggunaan model Problem Based Learning maka semakin tinggi pula motivasi belajar mereka pada mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, Teknik pengumpulan datanya yaitu observasi, angket dan studi dokumentasi. Dengan analisis data menggunakan spss yaitu: analisis parsial, uji normalitas data, dan uji korelasi, sampel penelitian 65 siswa kelas VII Mts Al-Misbah. Maka hasil penelitian dapat diketahui (1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan model Problem Based Learning (Variabel X) termasuk kategori tinggi dengan angka 3,79. berada dalam interval 3,51 – 4,50. (2) Motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Aqidah Akhlak (Variabel Y) termasuk kategori tinggi dengan angka 3,73. berada dalam interval 3,51 – 4,50. (3) Hubungan kedua variabel tersebut sebesar 0,734, sedangkan derajar pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y) sebesar 53,1% dengan demikiran masih ada beberapa persen faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar mereka antara lain keaktifan siswa dalam pembelajaran, faktor lingkungan dll, sebaiknya siswa harus lebih aktif, selalu bertanya dan dapat memahami materi pada saat pembelajaran baik dalam penggunaan model pembelajaran tersebut maupun model pembelajaran lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning; Motivasi Belajar
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratu Intan Maulida
Date Deposited: 21 Aug 2023 05:00
Last Modified: 21 Aug 2023 05:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73813

Actions (login required)

View Item View Item