Dewi, Shena Sylviana (2023) Analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan kriteria Hadar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (328kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (58kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan peserta didik saat menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan kriteria Hadar pada materi teorema pythagoras. Penelitian ini melibatkan 31 orang peserta didik kelas VIII MTs Madarikul Huda, dengan teknik pengumpulan data berupa pemberian tes sebanyak enam soal dengan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis dan wawancara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan jenis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematis berdasarkan kriteria Hadar yaitu (1) kesalahan menggunakan data (misused data) sebesar 24% dengan penyebab tidak memahami soal, (2) kesalahan menggunakan bahasa (misinterpreted language) sebesar 11% dengan penyebab kurangnya pemahaman dalam menalar dan memahami maksud soal, (3) kesalahan menggunakan logika untuk menarik kesimpulan (logically invalid inference) sebesar 35% dengan penyebab belum memahami materi dengan baik, (4) kesalahan dalam menggunakan definisi atau teorema (distorted theorem or definition) sebesar 8% penyebab keliru ketika menggunakan rumus, (5) penyelesaian tidak diperiksa kembali (unverified solution) sebesar 10% dengan penyebab terburu-buru ketika menyelesaikan soal, dan (6) kesalahan teknis (technical error) sebesar 12% dengan penyebab tidak teliti saat menghitung. Solusi untuk menghindari kesalahan yang dilakukan peserta didik tersebut diantaranya memberi penguatan untuk peserta didik agar menguasai setiap materi yang telah dipelajari dengan menerapkan pembelajaran yang membuat peserta didik aktif untuk banyak berlatih dengan berbagai macam variasi soal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis kesalahan; Soal Pemecahan Masalah; Kriteria Hadar |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Education, Research Mathematics Analysis, Theory of Functions Applied mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Shena Sylviana Dewi |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 00:40 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 00:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73862 |
Actions (login required)
View Item |