Pengaruh quick ratio, current ratio, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan (Studi pada Perusahaan Jasa Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015)

Yuhana, Yayu (2017) Pengaruh quick ratio, current ratio, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan (Studi pada Perusahaan Jasa Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh Quick Ratio terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Jasa Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi. (2) Untuk mengetahui pengaruh Current Ratio terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Jasa Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi. (3) Untuk mengetahui pengaruh Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Jasa Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi. (4) Untuk mengetahui pengaruh Quick Ratio, Current Ratio dan Sturktur Modal secara simultan terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Jasa Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi. Penelitian ini diambil karena masih terdapat perbedaan penelitian satu dengan yang lainnya serta perbedaan kondisi riil data penelitian dengan teori yang ada. Metode yang digunakan adalah metode Deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah laporan tahunan perusahaan Jasa Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi yang terdaftar di BEI periode 2015, maka teknik penarikan menggunakan teknik Purposive Sampling. Uji statistik menggunakan Analisis Regresi Berganda, Korelasi Sederhana Product Moment Pearson (R), Koefisien Determinasi (R), dan uji t dan uji F dengan menggunakan bantuan SPSS 20. Hasil analisis menunjukkan variabel Quick Ratio memiliki nilai -thitung ≤ ttabel yakni (-7,982 ≤ -2,776), dapat disimpulkan bahwa variabel Quick Ratio tidak berpengaruh dan signifikan secara parsial terhadap variabel Nilai Perusahaan. Variabel Current Ratio memiliki nilai thitung ≥ ttabel yakni (6,736 ≥ 2,776), dapat disimpulkan bahwa variabel Current Ratio berpengaruh positif signifikan secara parsial terhadap variabel Nilai Perusahaan. Variabel Struktur Modal memiliki nilai -thitung ≤ -ttabel yakni (-3,828 ≤ -2,776), dapat disimpulkan bahwa variabel Struktur Modal tidak berpengaruh dan signifikan secara parsial terhadap variabel Nilai Perusahaan. Hasil secara simultan nilai Fhitung sebesar 35,913 dengan p-value (sig) 0,002. Dengan α = 0,05 serta derajat kebebasan df1 = k-1 dan df2 = n-k, maka di dapat Ftabel 6,591. Dikarenakan nilai Fhitung ≥ Ftabel (35,913 ≥ 6,591) maka H0 ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara Quick Ratio, Current Ratio dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan. Hasil Koefisien Determinasi (R2 ) sebesar 0,964 artinya 96,4% variabel dependen (Nilai Perusahaan) dipengaruhi oleh variabel independen (Quick Ratio, Current Ratio dan Sturktur Modal), sedangkan sisanya 3,6% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 29 Dec 2023 06:26
Last Modified: 29 Dec 2023 06:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73914

Actions (login required)

View Item View Item