Penerapan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi pada aplikasi sel elektrolisis (Penelitian Pre-Eksperimen terhadap mahasiswa kimia dasar II kelas B Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati)

Rahayu, Ai Sri (2017) Penerapan model pembelajaran flipped classroom untuk meningkatkan berpikir tingkat tinggi pada aplikasi sel elektrolisis (Penelitian Pre-Eksperimen terhadap mahasiswa kimia dasar II kelas B Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

Ilmu kimia merupakan ilmu yang sangat erat kaitannya dalam kehidupan dan ruang lingkupnya mengharuskan untuk memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Salah satu konsep kimia yang banyak diterapkan dalam kehidupan adalah aplikasi sel elektrolisis. Besarnya kelas dan waktu pembelajaran yang terbatas menyebabkan kemampuan berpikir tingkat tinggi belum tercapai secara optimal. Berdasarkan beberapa permasalahan tersebut, maka model pembelajaran flipped classroom dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran yang tidak terbatas kepada waktu pembelajaran di kelas dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada aplikasi sel elektrolisis dengan memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada pada mahasiswa. Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa semester II kelas B Program Studi Pendidikan Kimia yang mengambil mata kuliah kimia dasar II sebanyak 41 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah pre experiment dengan desain one group pretest-posttest design. Aktivitas mahasiswa selama pembelajaran dengan model flipped classroom diamati dengan lembar observasi. Data peningkatan berpikir tingkat tinggi mahasiswa diperoleh melalui tes soal uraian, sedangkan berpikir tingkat tinggi selama pembelajaran di rumah diketahui dari hasil tes online. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas mahasiswa selama pembelajaran menggunakan model flipped classroom tergolong sangat baik dengan persentase keterlaksanaan sebesar 92,28%. Selain itu, peningkatan berpikir tingkat tinggi mahasiswa setelah diterapkan model flipped classroom dilihat dari hasil uji hipotesis dengan didapatkan nilai thitung= 30,25 lebih besar dari ttabel = 2,02 dan dari n-gain yang dihasilkan sebesar 0,55 dengan kategori peningkatan sedang. Berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada pembelajaran di rumah tergolong baik dengan rata-rata nilai 73,97. Penerapan model pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: siswa pkl 2
Date Deposited: 29 Dec 2023 05:58
Last Modified: 29 Dec 2023 05:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73930

Actions (login required)

View Item View Item