Ulfah, Maria (2017) Penerapan Model Pembelajaran ACELL untuk Mengembangkan Keterampilan Generik Sains pada Konsep Garam Terhidrolisis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (226kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB 5)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar isi.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
Abstract
ACELL (Advancing Chemistry by Enhancing Learning in the Laboratory) merupakan suatu model pembelajaran berbasis laboratorium yang dapat membantu dan menarik minat siswa untuk melakukan praktikum. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas siswa dalam setiap tahapan model pembelajaran ACELL, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan LKS pada setiap tahapan ACELL, menganalisis keterampilan generik sains siswa setelah melalui tahapan pembelajaran pada konsep garam terhidrolisis dan mendeskripsikan kinerja siswa pada praktikum garam terhidrolisis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas dengan subyek terdiri dari 40 orang siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Rengasdengklok. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar kerja siswa, tes keterampilan generik sains dan lembar penilaian kinerja siswa. Data yang diperoleh diolah menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran ini berjalan sangat baik dan dapat diterima oleh siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa, kemampuan siswa menyelesaikan LKS memperoleh nilai 87,20 dengan kategori sangat baik. Tahap demonstrasi, merencanakan praktikum, praktikum, menarik kesimpulan, membuat data pengamatan, dan menganalisis wacana mencapai kategori sangat baik dengan nilai berturut-turut yaitu 100; 97,2; 89; 87,50; 83,20; dan 80, sedangkan tahap diskusi dan pembahasan termasuk kategori baik dengan nilai 74,62. Hasil Nilai keterampilan generik sains setelah proses pembelajaran mendapat nilai 65,77 dengan kategori cukup. Penilaian kinerja siswa mendapat nilai 90,6 dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : Model Pembelajaran ACELL, Keterampilan Generik Sains, Garam Terhidrolisis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ACELL ,Generik,hidrolisis |
Subjects: | Analytical Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | PKL4 SMKN 8 GARUT |
Date Deposited: | 24 Nov 2023 08:29 |
Last Modified: | 24 Nov 2023 08:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73974 |
Actions (login required)
View Item |