Hubungan manajemen pembelajaran berbasis E-Learning dengan peningkatan kualitas pembelajaran : Penelitian pada peserta didik kelas XII Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung

Muqsith, Muhammad Muftihaq (2023) Hubungan manajemen pembelajaran berbasis E-Learning dengan peningkatan kualitas pembelajaran : Penelitian pada peserta didik kelas XII Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. COVER SKRIPSI - MUHAMMAD MUFTIHAQ MUQSITH 1172010056.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK SKRIPSI - MUHAMMAD MUFTIHAQ MUQSITH 1172010056.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI SKRIPSI - MUHAMMAD MUFTIHAQ MUQSITH 1172010056.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4. BAB I SKRIPSI - MUHAMMAD MUFTIHAQ MUQSITH 1172010056.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5. BAB II SKRIPSI - MUHAMMAD MUFTIHAQ MUQSITH 1172010056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB III SKRIPSI - MUHAMMAD MUFTIHAQ MUQSITH 1172010056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV SKRIPSI - MUHAMMAD MUFTIHAQ MUQSITH 1172010056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8. BAB V SKRIPSI - MUHAMMAD MUFTIHAQ MUQSITH 1172010056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI - MUHAMMAD MUFTIHAQ MUQSITH 1172010056.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi berpengaruh terhadap bidang pendidikan. Pembelajaran merupakan jantung dari proses pendidikan, sehingga peningkatan mutu pendidikan harus dimulai dari peningkatan kualitas pembelajaran. Manajemen pembelajaran berbasis e-learning diharap mampu menunjang proses pembelajaran lebih efektif dan efisien di era digitalisasi sekarang. Maka dari itu, penelitian ini diupayakan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi sistem e-learning terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Manajemen pembelajaran berbasis e-learning di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung, (2) Peningkatan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung, dan (3) Hubungan manajemen pembelajaran berbasis e-learning dengan peningkatan kualitas pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri se-Kota Bandung. Manajemen penting dalam pembelajaran berbasis e-learning dan memiliki indikator, yaitu: (1) Sistem dan aplikasi e-learning, (2) Konten e-learning, dan (3) Infrastruktur e-learning. Demikian pula peningkatan kualitas pembelajaran, indikatornya meliputi: (1) Perilaku tenaga pendidik, (2) Perilaku peserta didik, (3) Iklim pembelajaran, (4) Materi pembelajaran, (5) Media pembelajaran, dan (6) Sistem pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner dan studi dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen penelitian (uji keterbacaan, uji validitas, dan uji reliabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan uji linieritas), uji korelasi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan antara variabel manajemen pembelajaran berbasis e-learning dengan variabel peningkatan kualitas pembelajaran dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Selanjutnya, nilai hasil uji korelasi yang diperoleh adalah 0,591, berada pada kategori sedang karena berada pada rentang 0,40 - 0,599. Adapun jenis hubungan antara kedua variabel mengarah pada sifat positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,591 tanpa melihat tanda negatif (-). Artinya, bersifat searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi manajemen pembelajaran berbasis e-learning, maka semakin tinggi peningkatan kualitas pembelajaran. Kemudian, nilai hasil uji determinasi yang diperoleh sebesar 0,350, yang bermakna bahwa kontribusi variabel manajemen pembelajaran berbasis e-learning terhadap variabel peningkatan kualitas pembelajaran adalah 35,0%, yang berarti pengaruh manajemen pembelajaran berbasis e-learning terhadap peningkatan kualitas pembelajaran lemah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Pembelajaran Berbasis E-Learning; Peningkatan Kualitas Pembelajaran;
Subjects: Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muqsith Muhammad Muftihaq
Date Deposited: 23 Aug 2023 03:42
Last Modified: 23 Aug 2023 03:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73980

Actions (login required)

View Item View Item