Penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan Multimedia Interaktif pada materi pemanasan Global untuk meningkatkan Literasi Kimia mahasiswa

Yanoval, Dcelvien (2023) Penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan Multimedia Interaktif pada materi pemanasan Global untuk meningkatkan Literasi Kimia mahasiswa. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak .pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan multimedia interaktif, menganalisis peningkatan literasi kimia mahasiswa , dan menganalisis respon mahasiswa terhadap pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pre-experiment dengan desain one group pretest-posttest. Subyek penelitian merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia di UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada mata kuliah Kimia Lingkungan dengan jumlah 36 mahasiswa. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Kerja, soal pretest dan posttest . Literasi kimia mahasiswa jika dilihat secara keseluruhan mengalami kenaikan dengan rata-rata nilai N-gain sebesar 0,30 dengan kategori sedang. Nilai N-gain jika dilihat dari aspek konteks, konten, dan sikap kimia rata-rata sebesar 0,40 dengan kategori sedang. Sedangkan untuk aspek sikap yang diliat dari hasil angket sikap mahasiswa rata-rata yang diperoleh adalah 81,1% dengan kategori baik. Persentase respon mahasiswa terhadap pembelajaran yang diberikan sebesar 84,1% dengan kategori baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan multimedia interaktif pada materi pemanasan global dapat meningkatkan literasi kimia mahasiswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Literasi Kimia; Pembelajaran Berbasis Masalah; Multimedia Interaktif;
Subjects: Education
Inorganic Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Dcelvien Yanoval
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:37
Last Modified: 23 Aug 2023 07:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74005

Actions (login required)

View Item View Item