Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penyelesaian pembiayaan bermasalah akad Ijarah multijasa di BMT El Tazkiyah kota Bandung

Al Amin, Muhammad Hawari (2023) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap penyelesaian pembiayaan bermasalah akad Ijarah multijasa di BMT El Tazkiyah kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

BMT merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan dana tersebut kepada masyarakat yang membutuhkan dana. Salah satu produk pembiayaan yang diminati di BMT El Tazkiyah produk Ijārah multijasa. Salah satu masalah yang terjadi di BMT El Tazkiyah adanya pembiayaan bermasalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1.) Bagamana pelaksanaan pembiayaan Ijārah multijasa di BMT El Tazkiyah. (2.) Bagaimana mekanisme penanganan penyelesaian pembiayaan bermasalah akad ijārah multijasa di BMT El Tazkiyah. (3.)Bagaiama Perspektif Hukum Islam mengenai penyelesaian pembiayaan bermasalah akad Ijārah Multijasa. Penelitian ini bertujuan untuk mencapai beberapa tujuan berikut: (1.)Untuk mengetahui pelaksanaan Pembiayaan Ijārah multijasa di BMT El Tazkiyah. (2.) Untuk memahami mekanisme penyelesaian masalah dalam produk pembiayaan Ijārah multijasa di BMT El Tazkiyah. (3.) Untuk memperoleh pemahaman tentang perspektif Hukum Islam terkait penyelesaian masalah dalam pembiayaan Ijārah multijasa. Penelitian ini menggunakan teori pembiayaan, pembiayaan bermasalah dan teori akad ijarah multijasa selanjutnya mekanisme penanganan pembiayaan bermasalah BMT El Tazkiyah dianalisis dengan teori tersebut dalam perspektif hukum Islam Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan yuridis empiris yaitu Pembiayaan bermasalah pada akad ijārah multijasa, melalui data atau sampel yang diperoleh dan dianalisis secara komprehensif, serta diverifikasi keabsahannya melalui triangulasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1.) Pelaksanaan pembiayaan ijārah multijasa di BMT El Tazkiyah Bandung yaitu harus memenuhi syarat syarat formil terlebih dahulu seperti data diri dan lain sebagainya, kemudian pelaksanaannya dimulai dari survei terhadap anggota hingga klausul akad. (2.) Penanganan Pembiayaan bermasalah Ijārah Multijasa di BMT El Tazkiyah kota Bandung harus menggunakan strategi a)Pendekatan Kemanusiaan b.) Pendekatan Administratif c.)Penggunaan sanksi dan tarik jaminan (3). Dalam Perspektif Hukum Islam, Ijārah Multijasa yaitu: (1.) menggunakan prinsip prinsip prinsip syariah. (2.) Fatwa DSN dilakukan berdasarkan prinsip prinsip syariah (3.) mengikuti prosedur ketentuan syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: BMT; akad ijarah; pembiayaan
Subjects: Islam > Religious Ceremonial Laws and Decisions
Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Muhammad Hawari Al Amin
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:48
Last Modified: 24 Aug 2023 02:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74027

Actions (login required)

View Item View Item