Implementasi algoritma Knuth-Morris-Pratt (KMP) dengan metode cosine similarity untuk kecocokan judul dalam isi dokumen pada aplikasi pengarsipan skripsi berbasis web

Kusuma, Umar Wira Hadi (2017) Implementasi algoritma Knuth-Morris-Pratt (KMP) dengan metode cosine similarity untuk kecocokan judul dalam isi dokumen pada aplikasi pengarsipan skripsi berbasis web. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar pustaka.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Dokumentasi merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan dalam suatu penelitian, untuk pembuktian data dalam bentuk yang real. Setiap perguruan tinggi pastinya memiliki sebuah karya penelitian baik yang dilakukan oleh dosen atau pun mahasiswa yang ber bentuk skripsi dan jurnal. Setiap tahunnya jurusan melakukan pengujian karya ilmiah skripsi dan jurnal, yang kemudian dokumen dari penelitian tersebut di simpan, seiring waktu jumlah dokumen hasil penelitian terus bertambah sehingga akan membutuhkan ruang penyimpanan yang besar. Oleh karena itu dibuatlah aplikasi untuk melakukan penyimpanan skripsi dan jurnal, untuk penyimpanan tentunya dibutuhkan aplikasi yang mampu melakukan pengecekan judul dan dokumen untuk mengetahui apakan judul dan dokumen merupakan data yang cocok. Proses pencocokan judul dan isi dokumen yang dilakukan aplikasi ini menggunakan algoritma knuth-morrispratt (kmp) dan metode cosine similarity dengan data uji sebanyak 8 data masing-masing 4 data skripsi dan 4 data jurnal, dengan melakukan pengujian masing-masing 16 kali pengujian data skripsi dan 16 kali pengujian data jurnal pada judul dan dokumen aslinya dan dengan dokumen lain. Algoritma knuth-morris-pratt (kmp) digunakan untuk melakukan pencarian term pada dokumen dimana term-nya adalah judul, setelah proses pencarian term maka dilakukan proses perhitungan kecocokan menggunakan cosine similarity dengan menghitung vector judul dan vector dokumen yang kemudian di dapat nilai kecocokan judul dan dokumen. Dari hasil pengujian didapat nilai rata-rata pada kecocokan judul dan dokumen asli pada skripsi adalah 71,9325% dan pada jurnal adalah 76,12025%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: algoritma; Knuth-Morris-Pratt (KMP); cosine similarity; pengarsipan skripsi
Subjects: Data Processing, Computer Science
Numerical Analysis
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: PKL6 SMKN 11 GARUT
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:08
Last Modified: 25 Aug 2023 07:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74100

Actions (login required)

View Item View Item