Kisah keluarga Nabi Ya'kub dalam Al-Qur'an : Analisis sastrawi dan pendidikan

Pikri, Faizal (2023) Kisah keluarga Nabi Ya'kub dalam Al-Qur'an : Analisis sastrawi dan pendidikan. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Reference.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)

Abstract

Kisah memiliki peran yang penting dalam menata dan mengembangkan kehidupan manusia, karena memuat peristiwa yang relevan dengan kehidupan keseharian dan disajikan dalam bahasa yang sederhana serta mudah dipahami. Hal ini membuat kisah lebih cepat dan mudah diterima serta memiliki dampak yang besar pada kehidupan pembaca atau pendengarnya. Al-Qur’an telah menjadikan kisah sebagai media yang cukup penting dalam dunia pembelajaran, untuk itu keberadaan kisah dalam al-Qur'an merupakan sebuah kekayaannya. Penulis meyakini bahwa dengan dimunculkannya kisah dalam al-Qur’an, Allah SWT sebenarnya hendak menyampaikan pesan mulia melalui kisah tersebut, agar setiap individu dapat mengambil pelajaran istimewa dari setiap peristiwa yang terjadi pada umat terdahulu, untuk membangun kehidupan masa depan yang lebih baik. Salah satu kisah al-Qur’an yang unik dan patut mendapat perhatian adalah kisah keluarga Ya’kub, dalam kisah ini terdapat kombinasi antara keindahan sastrawi, dan nilai-nilai pendidikan yang dapat diekstraksi untuk tujuan pendidikan Islam yaitu menjadikan insan kamil. Pada penelitian ini penulis mengusulkan tiga tujuan penelitian yaitu: untuk menemukan pola narasi kisah keluarga Ya’kub dalam al-Qur’an; menemukan unsur-unsur sastra dalam kisah keluarga Ya’kub dalam al-Qur’an; dan menemukan nilai-nilai pendidikan yang dapat diektraksi dari kisah keluarga Ya’kub dalam al-Qur’an. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi dan analisis deskriptif untuk menggambarkan kisah keluarga Ya’kub dalam al-Qur’an kemudian menganalisisnya serta menafsirkannya guna mendapatkan aspek kesusastraan dan nilai-nilai pendidikannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kisah keluarga Ya’kub dalam al-Qur’an membentuk pola narasi padat dan merinci. Kisah ini mencakup nilai-nilai artistik, dengan sebagian besar unsur sastra kisah seperti peristiwa, plot, karakter, dialog, latar ruang dan waktu, dan gaya bahasa, serta memiliki peristiwa utama, konflik, surprise, dan berakhir bahagia, tuntas closed ending. Al-Qur’an menggunakan unsur-unsur intrinsik dalam kisah ini sesuai dengan gagasan dan tujuan yang ingin dicapai oleh al-Qur’an sendiri yaitu penyampaian pesan agama dan da’wah. Adapun nilai-nilai yang dapat ekstraksi dari kisah ini antara lain: keimanan, kesabaran, ketangguhan, syukur, kejujuran, pengakuan terhadap potensi diri, dan rumah yang baik menghasilkan anak-anak yang baik. Dari kisah ini, dapat diekstraksi juga model pendidikan keluarga yang mencakup penentuan tujuan pendidikan, program, dan proses, termasuk di dalamnya adalah peran orang tua sebagai guru dan pendidik utama dalam keluarga, peran anak-anak sebagai murid dalam keluarga, serta penyediaan materi pendidikan yang meningkatkan kepercayaan diri anak. Metode pendidikan meliputi pengajaran, pemotivasian, pembiasaan, contoh dan pemodelan, bercerita dan mendongeng, pendisiplinan, doa dan tawakal. Fasilitas pendidikan mencakup semua fasilitas yang tersedia di rumah, permainan edukatif, serta evaluasi pendidikan melalui pengamatan dan wawancara.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: kisah keluarga Ya;kub; sastra kisah; pendidikan keluarga; pendidikan nilai;
Subjects: Bahasa Arab
Religious Education
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Pikri Faizal
Date Deposited: 28 Aug 2023 07:46
Last Modified: 28 Aug 2023 07:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74216

Actions (login required)

View Item View Item