Analisis karakteristik nilai-nilai sosial pada Anak Sekolah di era Digital : Studi di Sekolah Dasar Negeri 1 Jatiwangi Kabupaten Majalengka

Fatahan, Risky Fandji (2023) Analisis karakteristik nilai-nilai sosial pada Anak Sekolah di era Digital : Studi di Sekolah Dasar Negeri 1 Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Sarjana thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang karakteristik nilai-nilai sosial pada anak sekolah di tengah maraknya teknologi digital. Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai nilai sosial yang dapat memotivasi seseorang untuk memenuhi harapan dan keinginannya sesuai dengan perannya. Karakter merupakan komponen atau benteng yang perlu diperkuat untuk menjadi lebih manusiawi. Penggunaan media digital oleh siswa sekolah dasar semakin memprihatinkan. Tentu hal ini berdampak positif dan negatif terhadap karakter dan perkembangan sosial emosional anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik, faktor-faktor serta solusi untuk meminimalisir kesenjangan karakteristik nilai-nilai social pada anak sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami subjek penelitian secara keseluruhan kemudian hasil data yang ditemukan pada saat penelitian akan di deskripsikan. Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik yang mana pendekatan untuk memahami hubungan antara manusia dan masyarakat. Adapun sumber data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer didapatkan melalui informasi yang di dapatkan dari informan pangkal dan informan kunci. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan melalui berbagai buku dan jurnal. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pertama, Siswa di SDN 1 Jatiwangi memiliki nilai-nilai karakter yang berwatak keras, ada yang pemalu, ada yang susah diatur, ada yang mencari perhatian. banyak faktor yang mempengaruhi karakteristik nilai-nilai sosial pada siswa salah satunya faktor lingkungan. Kedua, Gadget memudahkan siswa untuk berkonsultasi terhadap pelajaran dan tugas yang belum dipahami oleh mereka, serta dalam hal pengetahuan kita dapat dengan mudah mencari dan mengakses situs pengetahuan dengan memanfaatkan aplikasi khusus gadget. Ketiga, Solusi yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kesenjangan karakteristik nilai-nilai sosial pada anak, yakni mengadakan evaluasi terhadap siswa yang teridentifikasi oleh pengaruh teknologi/gadget dengan cara membatasi siswa untuk membawa gadget ke sekolah. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setiap anak di lingkungan seolah memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Adapun kehadiran gadget tidak selalu membawa dampak negative bagi ara siswa, melainkan juga memberi dampak positif yaitu mempermudah konsultasi kepada guru mengenai pelajaran, selain itu juga mempermudah akses belajar melalui internet. maka dari itu, adanya era digital ini juga turut memberi dampak yang positif bagi para siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai Sosial; Karakteristik; Era Digital
Subjects: Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Risky Fandji Fatahan
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:27
Last Modified: 30 Aug 2023 01:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74259

Actions (login required)

View Item View Item