Persepsi siswa terhadap penerapan pemisahan kelas antara laki-laki dan perempuan hubungannya dengan motivasi belajar akidah akhlak : Penelitian pada siswa kelas IX Mts Persis Lembang

Putra, Moch Ardia (2023) Persepsi siswa terhadap penerapan pemisahan kelas antara laki-laki dan perempuan hubungannya dengan motivasi belajar akidah akhlak : Penelitian pada siswa kelas IX Mts Persis Lembang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (235kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya program pemisahan kelas laki-laki dan perempuan di Mts Persis Lembang menimbulkan persepsi yang berbeda-beda mengenai motivasi siswa untuk mengikuti pembelajaran, oleh karena itu, ketika adanya pemisahan kelas antara siswa laki-laki dan perempuan tentunya akan memengaruhi motivasi belajar ketika mengikuti pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Persepsi siswa tentang pemisahan kelas siswa laki-laki dan perempuan Mts Persis Lembang. (2) Realitas motivasi belajar Akidah Akhlak siswa di Mts Persis Lembang setelah pemisahan kelas. (3) Realitas hubungan antara persepsi siswa tentang pemisahan keals laki-laki dan perempuan dengan motivasi belajar Akidah Akhlak di Mts Persis Lembang. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa terdapat hubungan pemisahan kelas antara laki-laki dan perempuan dengan motivasi belajar Akidah Akhlak siswa di Mts Persis Lembang. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik persepsi siswa terhadap pemisahan antara kelas laki-laki dan perempuan, maka semakin semakin baik pula motivasi belajar Akidah Akhlak siswa. Begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sumber data penelitian ini didapat melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Sampelnya diambil sebanyak 40 siswa dari jumlah populasi 420 siswa. Analisis data menggunakan analisis parsial dan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Persepsi siswa terhadap pemisahan antara kelas laki-laki dan perempuan berkategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 3,95, yang berada pada rentang interval 3,40 – 4,19. (2) Realitas motivasi belajar Akidah Akhlak di Mts Persis Lembang berkategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 3,45, yang berada pada rentang interval 3,40 – 4,19. (3) Pengaruh pemisahan antara kelas laki-laki dan perempuan terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak siswa di Mts Persis Lembang memiliki nilai Berdasarkan perhitungan analisis data pengaruh pemisahan kelas siswa laki-laki dan perempuan terhadap motivasi belajar Akidah Akhlak diperoleh hasill uji korelasi dengan nilai signifikansi 0,007, dimana 0,007< 0,05, dengan dejarat hubungannya adalah berkategori sedang yaitu 0,45 yang berada pada kategori nilai 0,41-0,60 dan memiliki arah hubungan yang positif. Berdasarkan hasil perhitungan, thitung sebesar 5,257 > ttabel sebesar 2,024. Dengan demikian H0 (hipotesisi nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima yaitu terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap pemisahan antara kelas laki-laki dan perempuan hubungannya dengan motivasi belajar Akidah Akhlak di Mts Persis Lembang. Besar pengaruhnya variabel X terhadap variable Y yaitu sebesar 24,9% dan sisanya adalah faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar Akidah Akhlak siswa yaitu sebesar 75,1% Kata Kunci : Pemisahan Kelas antara Laki-Laki dan Perempuan, Motivasi Belajar Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemisahan Kelas; Motivasi Belajar
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moch Ardia Putra
Date Deposited: 29 Aug 2023 05:35
Last Modified: 29 Aug 2023 05:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74311

Actions (login required)

View Item View Item