Respons siswa terhadap Sense Of Humor guru hubungannya dengan motivasi belajar mereka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas XI SMA Mekar Arum Bandung

Reksa, Renada Gilar (2023) Respons siswa terhadap Sense Of Humor guru hubungannya dengan motivasi belajar mereka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam : Penelitian terhadap siswa kelas XI SMA Mekar Arum Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah yang semestinya berjalan lancar dan kondusif serta efektif, namun pada kenyataanya ditemukan kondisi pembelajaran yang menjenuhkan dan cenderung monoton. Hal ini berimplikasi kepada munculnya sikap apatis dalam diri siswa karena mereka menganggap suasana pembelajaran pendidikan agama Islam membosankan. Tujuan penelitian yang dilaksanakan di SMA Mekar Arum Bandung ini adalah untuk mengetahui: (1) respons siswa terhadap sense of humor guru dalam pembelajaran PAI,(2) motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran PAI terhadap sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI, dan (3) hubungan respons siswa terhadap sense of humor guru dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI di kelas XI SMA Mekar Arum Bandung. Penelitian ini berangkat dari teori yang berdasarkan pada penelitian-penelitian yang telah dilakukan, diketahui adanya suatu hubungan positif antara selera humor dengan motivasi belajar siswa, yang dapat meningkatkan mutu prestasi belajar. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat pengaruh sense of humor guru terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI. Maka, hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang signifikan antara respons siswa terhadap sense of humor guru dengan motivasi belajar mereka pada pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas XI di SMA Mekar Arum Bandung berjumlah 33 orang dari total 129 populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu; angket, observasi, dan wawancar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu; uji validitas dan reliabilitas, analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: (1) Realitas respons siswa terhadap sense of humor guru PAI termasuk ke dalam kategori positif. Hal ini berdasarkan interpretasi rata-rata dari empat indikator variabel X memiliki nilai 3,96. Angka tersebut berada pada interval 3,40 – 4,19 yang berarti termasuk pada kategori positif. (2) Realitas motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI termasuk ke dalam kategori sangat positif. Hal ini berdasarkan pada interpretasi rata-rata dari empat indikator variabel Y tersebut memiliki nilai 4,20. Angka tersebut berada pada interval 4,20 - 5,00 yang berarti termasuk pada kategori sangat positif. (3) Realitas respons siswa terhadap sense of humor guru PAI hubungannya dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI dapat diketahui, bahwa: (a) nilai signifikansi korelasi adalah sebesar 53,2%, yang artinya tingkat korelasi antara variabel X dan Y berada di tingkat korelasi sedang dengan jenis korelasi positif serta (b) untuk analisis hipotesis dapat dilihat dari hasil uji t hitung dibandingkan dengan t tabel, maka dapat diketahui t hitung = 3,496 > t tabel 2,040. Dengan t hitung > t tabel artinya hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sense of Humor; Motivasi belajar siswa, Pendidikan Agamma Islam;
Subjects: Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Rhetoricand Collections of Literary > Rhetoric of Humor and Satire
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Renada Gilar Reksa
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:01
Last Modified: 30 Aug 2023 01:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74314

Actions (login required)

View Item View Item